SISKA Supporting Program

"Supporting SISKA adoption and expansion among commercial palm producers and nucleus plasma-farmers"
PT_SISKA-removebg-preview
New_Logo SISKA

Bimbingan Teknis Rutin & Prospek Peningkatan Skala Usaha Klaster SISKA-kemitraan di Kalsel

Share This Post

Tanah Laut dan Tanah Bumbu, 24 – 26 Mei 2023 – Implementasi SISKA di Kalimantan Selatan saat ini tercatat telah sebanyak 15 klaster aktif yang didampingi secara penuh oleh SISKA Supporting Program Indonesia-Australia Red Meat and Cattle Partnership (SSP-IARMCP). Namun, berpotensi terus terjadi penambahan klaster seiring dengan semakin kuatnya komitmen dan antusiasme pemerintah daerah (kabupaten) dan perusahaan perkebunan kelapa sawit yang ingin tergabung dalam klaster SISKA di Kalimantan Selatan.

Demi mewujudkan peningkatan skala usaha dan pengembangan klaster SISKA, telah dilaksanakan kegiatan pendampingan atau bimbingan teknis rutin sekaligus monitoring implementasi SISKA di Kabupaten Tanah Laut yaitu Klaster Jorong Maju dan Klaster Candi Artha dan Kabupaten Tanah Bumbu yaitu Klaster Brahman Jaya Mustika di Desa Mustika Kec. Kuranji dan klaster yang baru saja tergabung dalam Klaster SISKA yaitu Klaster Arteri Berkah Bersama di Desa Waringin Tunggal Kec. Kuranji. Selain itu, tim SSP juga berkesempatan mengunjungi KUD Tuwuh Sari di Desa Purwodadi, Kecamatan Angsana.

Klaster Braman Jaya Mustika merupakan klaster yang baru saja bergabung sejak Bulan April 2023 yang lalu, beranggotakan sekitar 20 orang anggota dan total populasi sapi sekitar 100 ekor di lahan seluas 800an hektar. Klaster Arteri Berkah Bersama baru saja bergabung di Bulan Mei ini, merupakan kelompok peternak yang memanfatkan wilayah plasma dari PT Sajang Heulang Minamas Group dengan beranggotakan 15 orang dengan total populasi sapi sekitar 96 ekor.

Peningkatan skala usaha dan pengembangan klaster juga menjadi fokus program dinas terkait di Kabupaten. Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Tanah Bumbu mendorong perluasan SISKA Kemitraan dengan mengoptimalkan peran Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) di setiap Kecamatan dan Pos Kesehatan Hewan (Poskeswan) sebagai ujung tombak pendampingan kelembagaan dan teknis produksi yang berkelanjutan.

Semoga klaster-klaster yang baru bergabung ini akan terus berkembang dengan baik dan semakin sukses seperti klaster lainnya ya #SISKAnation! (SSP-24/05/2023)

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

NEWS

Sertifikasi Animal Welfare Officer (AWO) SISKA

Bogor, 22 – 25 April 2024 – Antusiasme perusahaan perkebunan kelapa sawit dan petani-pekebun untuk menerapkan model bisnis integrasi sawit-sapi berbasis kemitraan, harus diimbangi dengan

Ingin terhubung dengan kami ?

Silahkan klik tombol dibawah

Chat Kami
1
Siskaforum.org
Gratis, gabung komunitas Siska Forum
Dapatkan info dan artikel menarik mengenai Sistem Integrasi Sapi dan Kelap Sawit