SISKA Supporting Program

"Supporting SISKA adoption and expansion among commercial palm producers and nucleus plasma-farmers"
PT_SISKA-removebg-preview
New_Logo SISKA

Bimtek EF Klaster Rimba Makmur & Jaya Mandiri, Kalbar

Share This Post

Kalbar, 23 – 25 Juni 2023 – Demi mengakselerasi implementasi SISKA di Kalimantan Barat sekaligus meningkatkan kemampuan dan kompetensi pekebun-peternak dalam memanfaatkan sarana dan prasarana pendukung SISKA, SISKA Supporting Program Indonesia-Australia Red Meat and Cattle Partnership (SSP-IARMCP) bersama Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Barat melakukan Bimbingan Teknis Penggunaan Electric Fence (EF) pada Jumat – Minggu, 23 – 25 Juni 2023 di ) Klaster Rimba Makmur (Kab. Sanggau) dan Klaster Jaya Mandiri (Kab. Bengkayang).

Klaster Rimba Makmur yang bermitra dengan PTPN XIII Rimba Belian, berlokasi di Dusun Rimba Belian, Desa Semerangkai, Kecamatan Kapuas, Kab. Sanggau. Dihadiri oleh 32 orang yang terdiri dari anggota klaster, staf supervisi PTPN XIII Rimba Belian, Disbunnak Kab Sanggau dan Disbunnak Prov Kalbar, proses bimbingan teknis diikuti semua peserta dengan sangat baik dan antusias. Klaster ini memiliki luasan lahan penggembalaan lebih dari 300 hektar dengan total populasi lebih dari 150 ekor. Luas areal penggembalaan masih akan diperluas dengan dukungan dan fasilitasi dari Kemitraan PTPN XIII. Agenda Bimtek dengan operasionalisasi Electric Fence dicoba pada lahan sawit seluas 1 hektar dengan jumlah ternak 15 ekor sapi.

Klaster Jaya Mandiri yang bermitra dengan PT Wirata Daya Bangun Persada, berlokasi di Dusun Sentimok, Desa Sinar Baru, Kecamatan Jagoi Babang, Kab. Bengkayang. Dihadiri oleh 36 orang yang terdiri dari anggota klaster, staf supervisi PT Wirata Daya Bangun Persada, Disbunnak Kab Sanggau, Disbunnak Prov Kalbar, proses bimbingan teknis berjalan dengan sangat baik dan anggota klaster menunjukkan kekompakan nya. Klaster ini memiliki lahan penggembalaan seluas lebih dari 250 hektar dengan populasi total 227 ekor sapi. Areal penggembalaan akan diperluas sesuai kebutuban dengan dukungan dan fasilitasi dari PT Wirata Daya Bangun Persada. Agenda Bimtek dengan operasionalisasi Electric Fence dicoba pada lahan sawit seluas 1 hektar dengan jumlah ternak 20 ekor sapi.

Semua peserta telah menunjukkan partisipasi aktif, kerjasama yang sangat baik, dan berkomitmen untuk terus menggunakan sarpras tersebut dan menerapkan penggembalaan berotasi (rotational grazing).

Semoga penerapan rotational grazing di kedua klaster ini terus menunjukkan perkembangan yang baik ya #SISKAnation!

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

NEWS

Sertifikasi Animal Welfare Officer (AWO) SISKA

Bogor, 22 – 25 April 2024 – Antusiasme perusahaan perkebunan kelapa sawit dan petani-pekebun untuk menerapkan model bisnis integrasi sawit-sapi berbasis kemitraan, harus diimbangi dengan

Ingin terhubung dengan kami ?

Silahkan klik tombol dibawah

Chat Kami
1
Siskaforum.org
Gratis, gabung komunitas Siska Forum
Dapatkan info dan artikel menarik mengenai Sistem Integrasi Sapi dan Kelap Sawit