SISKA Supporting Program

"Supporting SISKA adoption and expansion among commercial palm producers and nucleus plasma-farmers"
PT_SISKA-removebg-preview
New_Logo SISKA

Bimtek Implementasi SISKA-Kemitraan di Klaster Tonar Krewat Farm, Kalimantan Timur

Share This Post

Muara Badak, 30 Agustus 2023 – Dalam rangka meningkatkan kemampuan dan kompetensi pekebun-peternak di Kalimantan Timur, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (DPKH) Provinsi Kaltim dan SISKA Supporting Progdam Indonesia-Australia Red Meat and Cattle Partnership (SSP-IARMCP) telah melaksanakan Bimbingan Teknis Implementasi SISKA di Klaster Tonar Krewat Farm, Desa Batu-Batu, Kecamatan Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur.

Agenda ini dihadiri secara langsung oleh Bapak Ihyan Nizam dari DPKH Provinsi Kaltim, Ibu Nelva Distanak Kukar, dan tim PPL Muara Badak serta pekebun-peternak disekitar lokasi klaster Tonar Krewat Farm dengan total peserta sekitar 35 orang.

Bimbingan Teknis dengan judul “Implementasi SISKA Kemitraan : Penggembalaan SISKA dan Sinkronisasi Aktivitas Agronomi – Peternakan” yang dibawakan oleh narasumber dari Universitas Mulawarman Bapak Ardiansyah, S.Pt.,M.Si ini berhasil menarik antusiasme dan semangat para peserta untuk mengikuti kegiatan hingga akhir sesi bimbingan teknis.

Klaster Tonar Krewat Farm berkomitmen untuk mulai melakukan penggembalaan berotasi dalam Implementasi SISKA. Ketersediaan pagar listrik (electric fencing) dari DPKH Provinsi Kaltim dapat dimanfaatkan untuk mendukung sistem penggembalaan berotasi (rotational grazing) yang lebih efektif, efisien, dan berkelanjutan di Klaster Tonar Krewat Farm. Saat ini, klaster ini telah menggembalakan sapi 48 ekor di lahan sawit seluas 140 hektar secara semi-intensif. Peserta pekebun-peternak lainnya yang berasal dari sekitar lokasi klaster juga berencana untuk mulai berkelompok dan mengoptimalkan penggembalaan sapi di kebun sawit mereka.

Klaster Tonar Krewat Farm telah merasakan manfaat simbiosis mutualisme dari implementasi SISKA. “Biaya perawatan kebun memang sudah dirasakan berkurang karena rumput sudah dimakan sapi, sehingga tidak perlu banyak keluar biaya membeli herbisida untuk membasmi rumput,” ujar Haris, Ketua Klaster Tonar Krewat Farm. (SSP-30/08/2023)

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

NEWS

Sertifikasi Animal Welfare Officer (AWO) SISKA

Bogor, 22 – 25 April 2024 – Antusiasme perusahaan perkebunan kelapa sawit dan petani-pekebun untuk menerapkan model bisnis integrasi sawit-sapi berbasis kemitraan, harus diimbangi dengan

Ingin terhubung dengan kami ?

Silahkan klik tombol dibawah

Chat Kami
1
Siskaforum.org
Gratis, gabung komunitas Siska Forum
Dapatkan info dan artikel menarik mengenai Sistem Integrasi Sapi dan Kelap Sawit