SISKA Supporting Program

"Supporting SISKA adoption and expansion among commercial palm producers and nucleus plasma-farmers"
PT_SISKA-removebg-preview
New_Logo SISKA

Bimtek Manajemen Pembiakan & Reproduksi Sapi serta Manajemen Kesehatan Hewan dan Animal Welfare di Pilot Project SISKA Kaltim

Share This Post

Paser, 31 Agustus 2023 – Dalam rangka meningkatkan kompetensi pekebun-peternak pada aspek manajemen pembiakan dan kesehatan hewan, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Timur bersama SISKA Supporting Program Indonesia-Australia Red Meat and Cattle Partnership (SSP-IARMCP) telah melaksanakan Bimbingan Teknis Manajemen Pembiakan & Reproduksi Sapi serta Manajemen Kesehatan Hewan dan Animal Welfare di Pilot Project SISKA Kaltim, Klaster Gawi Bersama, Desa Saing Prupuk, Kecamatan Batu Engau, Kabupaten Paser. Agenda ini dihadiri oleh Bapak Habib dari Disbunak Paser, tim UPT Batu Engau, tim UPT Petangis serta pekebun-peternak disekitar lokasi klaster dengan total peserta sekitar 31 orang.

Bimbingan Teknis “Implementasi SISKA Kemitraan : Manajemen Pembiakan dan Reproduksi Sapi” dibawakan oleh Bapak Anhar Faisal Fanani, S.Pt.,M.Si (Universitas Mulawarman). Materi berikutnya dengan judul “Implementasi SISKA Kemitraan : Manajemen Kesehatan Hewan dan Animal Welfare “, dibawakan Ibu drh. Linda Widyastuti (DPKH Kaltim) sekaligus langsung mempraktekkan pengecekan kesehatan sapi di Klaster Gawi Bersama.

“Kami berharap semua materi hari ini bisa diterapkan dengan baik di lokasi pilot project ini. Harapannya, kedepan juga akan bertambah klaster-klaster lainnya di sekitar perkebunan sawit di Paser. Disbunnak Paser selalu siap berkontribusi untuk meningkatkan kualitas pengendalian dan penanganan kesehatan sapi di klaster-klaster SISKA di Kabupaten Paser, seperti distribusi obat-obatan,vaksin, dan lain-lainnya,” pungkas Habib, Disbunnak Paser.

Saat ini, Klaster Gawi Bersama telah menggembalakan 221 ekor sapi (128 betina) di lahan sawit seluas 500 hektar. Demi mengakselerasi aktivitas vaksinasi dan memudahkan penanganan sapi sakit atau treatment lainnya, Mobile Portable Yard (MPY) sangat diperlukan untuk membantu peternak dan petugas keswan Kab. Paser dalam mengumpulkan dan melakukan treatment sapi yang berada di lahan grazing.

 

“Terima kasih kepada SISKA Supporting Program, Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Kalimantan Timur, Universitas Mulawarman, UPTD Batu Engau, dan teman-teman klaster ternak lainnya yang hadir dalam agenda ini. Saya bangga karena sapi disini membawa nama baik Desa Saing Prupuk dan Kabupaten Paser serta menjadi klaster yang sering dikunjungi oleh Tim SISKA,” ujar Jumarang, Ketua Klaster Gawi Bersama. (SSP-31/08/2023)

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

NEWS

Sertifikasi Animal Welfare Officer (AWO) SISKA

Bogor, 22 – 25 April 2024 – Antusiasme perusahaan perkebunan kelapa sawit dan petani-pekebun untuk menerapkan model bisnis integrasi sawit-sapi berbasis kemitraan, harus diimbangi dengan

Ingin terhubung dengan kami ?

Silahkan klik tombol dibawah

Chat Kami
1
Siskaforum.org
Gratis, gabung komunitas Siska Forum
Dapatkan info dan artikel menarik mengenai Sistem Integrasi Sapi dan Kelap Sawit