SISKA Supporting Program

"Supporting SISKA adoption and expansion among commercial palm producers and nucleus plasma-farmers"
PT_SISKA-removebg-preview
New_Logo SISKA

Bimtek Teknis Penggunaan Electric Fence (EF) & Manajemen Penggembalaan (Pastura) di Kebun Sawit pada Model SISKA

Share This Post

Tanah Laut dan Tanah Bumbu, 11-12 Mei 2023 – Dalam rangka meningkatkan kemampuan dan kompetensi pekebun-peternak dalam memanfaatkan sarana dan prasarana SISKA sekaligus mengakselerasi implementasi integrasi sawit-sapi di Kalimantan Selatan, SISKA Supporting Program Indonesia-Australia Red Meat and Cattle Partnership (SSP-IARMCP) bersama Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Selatan dan BPTU-HPT Pelaihari melakukan Bimbingan Teknis Penggunaan Electric Fence (EF) & Manajemen Penggembalaan (Pastura) di Kebun Sawit pada Model SISKA pada Kamis – Jumat, 11 – 12 Mei 2023.

Kegiatan bimbingan teknis ini dilakukan di Klaster Akom Swarangan, Desa Swarangan, Kecamatan Jorong, Kabupaten Tanah Laut dan Klaster Mahesa Makmur, Desa Al Kautsar, Kecamatan Satui, Kabupaten Tanah Bumbu. Kedua klaster ini telah mendapatkan fasilitasi sarpras SISKA berupa Electric Fence (pagar listrik) yang berfungsi untuk menjaga ternak agar tetap berada di area grazing yang dibatasi. Alat ini merupakan fasilitasi dan dukungan dari CSR Bank Kalsel. Hal ini menunjukkan komitmen dan dukungan penuh dari Bank Kalsel untuk percepatan implementasi SISKA di Kalimantan Selatan untuk capaian peningkatan populasi sapi dan perkebunan sawit berkelanjutan.

Di Klaster Akom Sawarangan, proses bimbingan teknis dipimpin oleh perwakilan dari Klaster Jorong Maju yang juga merupakan klaster SISKA di PT CPKA di Tanah Laut dan narasumber dari BPTU-HPT Pelaihari. Peserta terdiri dari 19 orang pekebun-peternak yang sangat antusias dan kompak mengikuti kegiatan ini.

Di Klaster Mahesa Makmur, proses bimbingan teknis dipimpin oleh perwakilan dari Klaster Tani Maju yang merupakan klaster SISKA PT BKB yang terdekat di Tanah Bumbu dan narasumber dari BPTU-HPT Pelaihari. Peserta yang hadir berjumlah 29 orang.

Peserta pelatihan dapat mempelajari fungsi dan prinsip kerja alat electric fence (pagar listrik) sekaligus mempraktekkan secara langsung cara penggunaan dan pemindahan electric fence secara operasional, hingga teknis handling ternaknya. Peserta telah menunjukkan partisipasi dan kekompakan yang sangat baik, semoga pekebun-peternak terus berkomitmen untuk menerapkan Electric Fence (EF) demi peternakan sapi pada model SISKA klasternya terus berkembang. (SSP-12/05/2023)

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

NEWS

Sertifikasi Animal Welfare Officer (AWO) SISKA

Bogor, 22 – 25 April 2024 – Antusiasme perusahaan perkebunan kelapa sawit dan petani-pekebun untuk menerapkan model bisnis integrasi sawit-sapi berbasis kemitraan, harus diimbangi dengan

Ingin terhubung dengan kami ?

Silahkan klik tombol dibawah

Chat Kami
1
Siskaforum.org
Gratis, gabung komunitas Siska Forum
Dapatkan info dan artikel menarik mengenai Sistem Integrasi Sapi dan Kelap Sawit