Perhitungan Body Condition Score (BCS) Sapi Potong

Body Condition Score (BCS) adalah metode penting dalam mengevaluasi kondisi fisik sapi yang berdampak langsung pada efisiensi reproduksi, pertumbuhan, dan kesejahteraan.

Body Condition Score menggunakan skala lima poin (1-5) yang mengestimasi proporsi lemak dan otot pada sapi, dengan skor rendah menunjukkan kekurangan berat badan dan skor tinggi menunjukkan kelebihan berat badan atau obesitas.

Mitigasi Penyakit LSD & Brucellosis pada Implementasi SISKA

Pencegahan dan pengendalian penyakit pada ternak ruminansia masih kurang diperhatikan oleh peternak, dengan penyakit menjadi penyebab utama kematian ternak sebesar 61.2%. Beberapa penyakit menular yang membatasi produksi ternak adalah Lumpy Skin Disease (LSD), Trypanosomiasis, dan Pasteurellosis.

Yuk kita lihat berbagai upaya untuk mitigasi penyakit pada sapi SISKA!

Mitigasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada Implementasi SISKA

Penyakit Mulut dan Kuku disebabkan oleh Virus FMDV yang menyerang ternak berkuku belah (seperti sapi, kerbau, domba, kambing, babi) dan gajah.

Penyakit ini dapat menular antar hewan dan dari manusia ke hewan melalui udara, sentuhan, atau perkawinan. Yuk kita simak bagaimana upaya mitigasi penyakit PMK!

Diare Pada Ternak Sapi Akibat Koksidiosis

Diare adalah gangguan saluran pencernaan yang ditandai dengan kondisi konsistensi feses yang lebih lembek atau encer, frekuensi pengeluaran feses meningkat dan warna feses yang berbeda bahkan dapat mengakibatkan perdarahan.

Prosiding Internship Research MBKM SISKA Batch III

Simak berbagai judul dan resume riset menarik dari para peserta MBKM SISKA Batch III ini yuk!

Prosiding Internship Research MBKM SISKA Batch III

 

Simak berbagai judul dan resume riset menarik dari para peserta MBKM SISKA Batch III ini yuk!

Buku Saku Penyediaan & Pengelolaan Sumber Pakan Hijauan di SISKA

Hi SISKAnation!

Dalam sistem pemeliharaan integrasi sapi-sawit (SISKA), sumber pakan hijauan yang tersedia adalah rumput lapang yang tumbuh di area perkebunan dan sisa daun sawit hasil pemotongan (pruning). Kedua sumber pakan hijauan ini perlu dikelola dengan baik untuk memenuhi kebutuhan pakan sapi selama pemeliharaan. Yuk kita simak Buku Saku tentang Sumber Pakan berikut ini!