SISKA Supporting Program

"Supporting SISKA adoption and expansion among commercial palm producers and nucleus plasma-farmers"
PT_SISKA-removebg-preview
New_Logo SISKA

Closed-loop Bisnis Integrasi Sapi Kelapa Sawit (SISKA) berbasis Kemitraan Usaha dan Kawasan Agroindustri

BAGIKAN

Dokumen artikel lengkap dapat diunduh disini.

 

Rekomendasi teknis untuk mendorong pelaku usaha mengimplementasikan Closed-loop Bisnis Integrasi Sapi Kelapa Sawit (SISKA) Berbasis Kemitraan Usaha dan Kawasan Agroindustri:

  1. Menyusun roadmap atau peta jalan yang berisi visi, misi, tujuan, sasaran, strategi, indikator, dan rencana aksi untuk mengembangkan program SISKA di daerahnya. Roadmap ini harus disesuaikan dengan kondisi dan potensi daerah, serta selaras dengan Rencana Aksi Daerah Perkebunan Sawit Berkelanjutan (RAD KSB) yang telah ditetapkan oleh pemerintah pusat.
  2. Melakukan sosialisasi dan validasi terhadap roadmap yang telah disusun kepada para pemangku kepentingan terkait, seperti petani sawit, petani sapi, perusahaan perkebunan, koperasi, asosiasi, perguruan tinggi, lembaga penelitian, lembaga pemerintah, lembaga non-pemerintah, dan masyarakat umum sehingga mendapatkan feedback dan masukan untuk meningkatkan kualitas roadmap.
  3. Menyediakan fasilitas dan sarana prasarana yang memadai untuk mendukung program SISKA, seperti jalan, listrik, air, irigasi, kesehatan, pendidikan, dan lain-lain. Fasilitas dan sarana prasarana ini dapat dikembangkan dengan mengoptimalkan kawasan agroindustri yang ada di daerah atau menciptakan kawasan agroindustri baru yang sesuai dengan kebutuhan program SISKA.
  4. Melakukan pembinaan dan pengembangan kepada petani sawit dan petani sapi dalam hal peningkatan kapasitas dan kapabilitas mereka dalam mengelola usaha integrasi sawit sapi secara profesional dan berkelanjutan. Pembinaan dan pengembangan ini dapat meliputi aspek-aspek seperti pengetahuan dan teknologi budidaya tanaman kelapa sawit dan ternak sapi potong, pengolahan produk turunan kelapa sawit dan ternak sapi potong, manajemen keuangan dan administrasi usaha, serta pemasaran hasil produksi.
  5. Menjalin kerjasama kemitraan usaha antara petani sawit dan petani sapi dengan perusahaan pembina atau off taker yang dapat memberikan jaminan pembelian hasil produksi dengan harga pasar yang wajar, bantuan teknis dan non teknis, serta fasilitas kredit yang mudah dan terjangkau. Kerjasama kemitraan usaha ini harus dilandasi dengan prinsip saling memerlukan, saling memperkuat, dan saling menguntungkan.
  6. Melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan program SISKA secara berkala dan sistematis dengan menggunakan indikator-indikator yang telah ditetapkan dalam roadmap. Monitoring dan evaluasi ini bertujuan untuk mengukur tingkat pencapaian tujuan dan sasaran program SISKA, mengidentifikasi hambatan dan tantangan yang dihadapi, serta merekomendasikan solusi dan perbaikan yang diperlukan.

 

Penulis : Dr Wahyu Darsono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat Kami
1
Siskaforum.org
Gratis, gabung komunitas Siska Forum
Dapatkan info dan artikel menarik mengenai Sistem Integrasi Sapi dan Kelap Sawit