SISKA Supporting Program

"Supporting SISKA adoption and expansion among commercial palm producers and nucleus plasma-farmers"
PT_SISKA-removebg-preview
New_Logo SISKA

Diskusi Sore Implementasi SISKA Kemitraan di Kuranji, Tanah Bumbu

Share This Post

Kuranji, 19 September 2023 – Dalam rangka meningkatkan kompetensi dan kemampuan anggota klaster SISKA agar dapat terus berkembang dan berkelanjutan, SISKA Supporting Program Indonesia Australia Red Meat and Cattle Partnership (SSP-IARMCP) bersama Disbunnak Kalsel telah melakukan kegiatan Diskusi Sore Implementasi SISKA Kemitraan kepada Klaster SISKA KU INTIP yang berasal dari wilayah Kecamatan Kuranji, Kabupaten Tanah Bumbu pada Selasa, 19 September 2023.

Dihadiri oleh para pekebun-peternak dari Klaster Brahman Jaya Mustika, Arteri Berkah Bersama, dan Koordinator BPP Kecamatan Kuranji, kegiatan ini mendiskusikan manajemen penggembalaan sapi di klaster SISKA.

Klaster Arteri Berkah Bersama, saat ini menggembalakan 103 ekor sapi. Selama ini, penggembalaan sapi di Klaster Arteri Berkah Bersama belum optimal karena belum tersedianya pagar elektrik (Electric Fence) sehingga diperlukan keahlian dari peternak untuk mengontrol ternaknya. Selain itu, juga penting untuk berkomunikasi dan sinkronisasi antara peternak dengan pihak perkebunan (perusahaan) agar lebih harmonis antara aktivitas peternakan dan perkebunan.

Begitupun dengan Klaster Brahman Jaya Mustika, yang telah menggembalakan sapi 200 ekor sapi di lahan 830 hektar sawit. Penggembalaan juga masih belum optimal karena belum memiliki pagar listrik (Electric Fence) dan pengetahuan pekebun-peternak mengenai penilaian sapi sakit masih belum banyak dikuasai. Sehingga, diperlukan pendampingan SISKA mengenai sinkronisasi aktivitas perkebunan-peternakan termasuk rotational grazing dan kesehatan hewan.

Kedepannya, pekebun-peternak disekitar perkebunan sawit akan segera tergabung ke klaster dan perlu segera direncanakan pertemuan bersama PT GBU untuk dapat berkomunikasi dengan pihak klaster terkait pentingnya penjadwalan grazing dan penggembalaan terkontrol agar implementasi lebih tertata dan mendukung Perkebunan Sawit Berkelanjutan. (SSP-19/08/2023)

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

NEWS

Sertifikasi Animal Welfare Officer (AWO) SISKA

Bogor, 22 – 25 April 2024 – Antusiasme perusahaan perkebunan kelapa sawit dan petani-pekebun untuk menerapkan model bisnis integrasi sawit-sapi berbasis kemitraan, harus diimbangi dengan

Ingin terhubung dengan kami ?

Silahkan klik tombol dibawah

Chat Kami
1
Siskaforum.org
Gratis, gabung komunitas Siska Forum
Dapatkan info dan artikel menarik mengenai Sistem Integrasi Sapi dan Kelap Sawit