SISKA Supporting Program

"Supporting SISKA adoption and expansion among commercial palm producers and nucleus plasma-farmers"
PT_SISKA-removebg-preview
New_Logo SISKA

FGD Roadmap dan Petunjuk Pelaksanaan SISKA Kalbar

Share This Post

Pontianak, 22 Juni 2023 – Dalam rangka mendukung pencapaian Perkebunan Sawit Berkelanjutan dan mengakselerasi implementasi SISKA di Kalbar, Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan bersama SISKA Supporting Program Indonesia-Australia Red Meat and Cattle Partnership (SSP-IARMCP) telah melaksanakan agenda Focus Group Discussion (FGD) Roadmap dan Petunjuk Pelaksanaan SISKA Kalbar yang mengusung tema “SISKA untuk Perkebunan dan Peternakan Kalbar yang Berkelanjutan” di Kantor Dinas Perkebunan dan Peternakan, pada Kamis 22 Juni 2023.

Dalam agenda ini, telah disampaikan progress implementasi SISKA di Kalbar oleh Kadisbunnak Kalbar, Heronimus Hero. Disampaikan juga bagaimana potret SISKA secara Nasional dan perlunya kolaborasi multipihak untuk mendukung implementasi SISKA MEMBARA oleh Team Leader SISKA Supporting Program, Wahyu Darsono. Ketua Umum GAPENSISKA, Joko Iriantono memberikan paparan mengenai Peluang dan Tantangan implementasi SISKA. Selain itu, juga disampaikan Roadmap dan Peta Potensi Kawasan SISKA MEMBARA oleh Disbunnak, Novita Salim dan Petunjuk Pelaksanaan Implementasi SISKA di Kalbar oleh Universitas Tanjungpura, Duta Setiawan.

Dihadiri oleh berbagai organisasi dan perguruan tinggi seperti GAPENSISKA, GAPKI Kalbar, ASPEKPIR, APKASINDO, APKASINDO Perjuangan, dan Universitas Tanjungpura, agenda ini juga menjadi momen penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara semua multistakeholder yang terlibat untuk berkomitmen kuat dalam mendukung suksesnya implementasi SISKA MEMBARA (Sistem Integrasi Sapi Kelapa Sawit Membangun Kalimantan Barat). GAPENSISKA akan terus mendukung kolaborasi semua pihak yang ingin berkontribusi dalam peningkatan adopsi SISKA di Kalimantan Barat demi terwujudnya visi Perkebunan Sawit Berkelanjutan.

Selanjutnya, akan dilaksanakan berbagai kegiatan di Kalbar, diantaranya adalah Bimbingan Teknis di seluruh Klaster SISKA MEMBARA yg saat ini sudah terdaftar ada 13 klaster, pelatihan bagi operator/supervisor/manager SISKA di Kalimantan Barat yang akan di kolaborasikan dengan Universitas Tanjungpura serta melibatkan GAPKI, APKASINDO, APKASINDO PERJUANGAN dan ASPEKPIR dengan mengoptimalkan Pusat Pelatihan SISKA KALBAR di Klaster Landak Sapi Mandiri, P4S ASPEKPIR dan SMKN Perkebunan Peternakan binaan APKASINDO. (SSP-22/06/2023)

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

NEWS

Sertifikasi Animal Welfare Officer (AWO) SISKA

Bogor, 22 – 25 April 2024 – Antusiasme perusahaan perkebunan kelapa sawit dan petani-pekebun untuk menerapkan model bisnis integrasi sawit-sapi berbasis kemitraan, harus diimbangi dengan

Ingin terhubung dengan kami ?

Silahkan klik tombol dibawah

Chat Kami
1
Siskaforum.org
Gratis, gabung komunitas Siska Forum
Dapatkan info dan artikel menarik mengenai Sistem Integrasi Sapi dan Kelap Sawit