SISKA Supporting Program

"Supporting SISKA adoption and expansion among commercial palm producers and nucleus plasma-farmers"
PT_SISKA-removebg-preview
New_Logo SISKA

FGD SISKA Collaboration Research and Dissemination

Share This Post

Depok, 22 Agustus 2023 – Sistem Integrasi Sawit-Sapi (SISKA) memiliki posisi strategis dalam mengembangkan sektor perkebunan dan peternakan di Indonesia. GAPENSISKA yakin sistem ini mendukung pencapaian rencana pemerintah dalam mewujudkan Perkebunan Sawit Berkelanjutan.

Demi mewujudkan semangat kolaborasi untuk mengakselerasi pengembangan SISKA di Indonesia, GAPENSISKA berinisiatif membentuk SISKA Collaboration Reasearch and Dissemination (SCRD) agar terjalin kerjasama multistakeholder, seperti BRIN, Universitas, Direktorat Jenderal Perkebunan Kementan RI, Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementan RI, BPDPKS, BAPPENAS, Pemerintah Daerah (Provinsi dan Kabupaten) serta asosiasi terkait perkebunan dan peternakan lainnya. Focus Group Discussion (FGD) dilaksanakan pada Selasa, 22 Agustus 2023 oleh seluruh pihak yang terlibat untuk membangun komitmen yang kuat untuk terus bekerjasama dan berkolaborasi dengan penandatanganan piagam kolaborasi.

 

Semangat kolaborasi memang harus terjalin, karena implementasi SISKA ini menyangkut berbagai aspek, termasuk sosial, ekonomi, hukum, dan lingkungan. “GAPENSISKA harus bisa mendukung pembangunan ekosistem yang bagus, ekosistem sapi di kebun sawit, untuk kebaikan keduanya (simbiosis mutualisme), sapi nya sehat dan sawit lebih produktif,” ujar Rusman Heriawan, Ketua Dewan Pembina GAPENSISKA.

 

“Kami apresiasi GAPENSISKA dalam upayanya menggerakkan kembali program SISKA dalam menunjang swasembada daging dan peningkatan populasi sapi di Indonesia. GAPKI tertarik dan berkomitmen terus mendukung GAPENSISKA dalam menyusun dan merumuskan desain program SISKA dalam skala perkebunan besar swasta maupun pekebun sawit, termasuk dalam analisis usaha ternaknya dan penyediaan SDM bidang peternakan di kebun sawit,” pungkas R Azis Hidayat, Ketua Bidang Perkebunan GAPKI.

 

Tindaklanjut dari hasil FGD ini, SCRD berfokus pada kegiatan pendampingan dan bimbingan teknis (diseminasi) serta dukungan riset inovasi good farming practices dalam implementasi SISKA di lokasi-lokasi pengembangan, khususnya di Kalbar, Kaltim, Riau dan Kalsel-Tanah Bumbu. GAPENSISKA melalui SCRD dengan dukungan Asosiasi-Asosiasi Perkebunan (GAPKI, ASPEKPIR, APKASINDO, APKASINDO PERJUANGAN) serta dukungan BRIN dan Universitas (IPB, UIN SUSKA Riau, Universitas Tanjung Pura, Universitas Mulawarman, dan UNISKA Kalsel) akan merancang program-program riset dan diseminasi yang berkelanjutan dengan menggandeng BPDPKS dan Kementerian Pertanian dalam sinergi dan kolaborasinya. (SSP-22/08/2023)

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

NEWS

Sertifikasi Animal Welfare Officer (AWO) SISKA

Bogor, 22 – 25 April 2024 – Antusiasme perusahaan perkebunan kelapa sawit dan petani-pekebun untuk menerapkan model bisnis integrasi sawit-sapi berbasis kemitraan, harus diimbangi dengan

Ingin terhubung dengan kami ?

Silahkan klik tombol dibawah

Chat Kami
1
Siskaforum.org
Gratis, gabung komunitas Siska Forum
Dapatkan info dan artikel menarik mengenai Sistem Integrasi Sapi dan Kelap Sawit