SISKA Supporting Program

"Supporting SISKA adoption and expansion among commercial palm producers and nucleus plasma-farmers"
PT_SISKA-removebg-preview
New_Logo SISKA

Field Visit Klaster SISKA KU INTIP Taapm Baomboo PT Astra Agro Lestari

Share This Post

Tanjung, 25 Juni 2022 – Dalam rangka melihat perkembangan kolaborasi SISKA Supporting Program bersama Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Selatan dalam implementasi SISKA KU INTIP di PT Astra Agro Lestari, telah dilaksanakan kunjungan lapang (field visit) Indonesia-Australia Red Meat and Cattle Partnership (RMCP) ke klaster SISKA KU INTIP Taapm Baomboo (PT Astra Agro Lestari).

Pramono, Community Development PT Astra Agro Lestari menyatakan bahwa perusahaan sangat mendukung implementasi SISKA di PT Astra Agro Lestari. Selain itu, perusahaan juga mengharapkan pembentukan kelompok pekebun-peternak lainnya disekitar lokasi perusahaan.

“Kita mengharapkan segera bertambahnya kelompok pekebun-peternak disekitar lokasi agar komunikasi dan koordinasi perusahaan dengan masyarakat sekitar jadi lebih baik. Informasi yang berkaitan dengan aktivitas perkebunan juga bisa kami sampaikan langsung kepada kelompok, sehingga kemungkinan-kemungkinan aktivitas sapi yang bisa mengganggu perkebunan bisa diatasi dan dicari solusinya dengan cepat. Kami harapkan SISKA Supporting Program ini bisa mendampingi kelompok kami agar lebih terorganisir, seperti misalnya administrasi kelompok, pencatatan populasi sapi, dan pencatatan aktivitas lainnya agar dapat terarsipkan dengan baik,” jelasnya.

Paul Boon, Strategic Advisor Indonesia-Australia Red Med and Cattle Partnership (IARMCP) sangat mendukung inisiasi pembentukan kelompok pekebun-peternak lainnya di sekitar PT Astra Agro Lestari.
“Semoga dari kelompok-kelompok tersebut dapat lebih baik dalam teknis menggembala sapinya. Kerukunan dari anggota kelompok juga sangat penting untuk keberlanjutan implementasi SISKA disini,” tambahnya.

“Kami harapkan SSP terus membimbing kami, semoga kelompok peternak Taapm Baomboo dapat tambah maju dan berkembang pengetahuan dan keahliannya tentang Sistem Integrasi Sawit-Sapi. Meskipun anggota sudah mahir instingnya dengan sapinya masing-masing, tapi tidak ada salahnya kita terus belajar agar bisa menggembala sapi dengan lebih baik lagi,” ujar Kristanto, ketua kelompok peternak Taapm Baomboo. (SSP-25/06/2022)

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

NEWS

Sertifikasi Animal Welfare Officer (AWO) SISKA

Bogor, 22 – 25 April 2024 – Antusiasme perusahaan perkebunan kelapa sawit dan petani-pekebun untuk menerapkan model bisnis integrasi sawit-sapi berbasis kemitraan, harus diimbangi dengan

Ingin terhubung dengan kami ?

Silahkan klik tombol dibawah

Chat Kami
1
Siskaforum.org
Gratis, gabung komunitas Siska Forum
Dapatkan info dan artikel menarik mengenai Sistem Integrasi Sapi dan Kelap Sawit