SISKA Supporting Program

"Supporting SISKA adoption and expansion among commercial palm producers and nucleus plasma-farmers"
PT_SISKA-removebg-preview
New_Logo SISKA

Field Visit “Revitalisasi Pastura Untuk Perbanyakan Sapi Pedaging” di Kalimantan Selatan

Share This Post

Tanah Bumbu, 19 – 21 Desember 2023 – Dalam rangka meningkatkan keterlibatan Perguruan Tinggi sebagai Penggerak SISKA, merumuskan target pengembangan inovasi SISKA yang lebih terarah serta memperkuat model SISKA kemitraan inti-plasma melalui dukungan aktif dari semua pihak terkait, Center for Tropical Animal Studies (CENTRAS) IPB University dengan dukungan SISKA Supporting Program Indonesia-Australia Red Meat Cattle Partnership (SSP-IARMCP) melaksanakan Field Visit ke lokasi praktik terbaik SISKA, PT Simbiosis Karya Agroindustri (SISKA Ranch) di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

Dihadiri oleh para pimpinan fakultas peternakan berbagai univeritas di Indonesia termasuk Pusat Studi Sawit IPB dan BAZNAS RI juga turut hadir dalam agenda ini. Selain itu, agenda ini juga mengundang para awak media untuk dapat mempublikasikan dan menyebarluaskan informasi terkait implementasi model SISKA Kemitraan inti-plasma mendukung perkebunan sawit berkelanjutan serta capaian SISKA Supporting Program IARMCP dalam mendukung pengembangan SISKA di Indonesia.

Dalam rangkaian agenda field visit ini, semua peserta dapat memahami aspek manajemen pakan sapi SISKA, Rotational Grazing termasuk pada pengenalan alat Portable Electric Fence, Pengaturan SDM (stockmans SISKA), mengenali koloni sapi SISKA, proses pembuatan produk samping sawit menjadi SISKAFEED dan PALMOFEED, hingga isu-isu menarik lainnya tentang SISKA.

Agenda dilanjutkan dengan Diskusi SISKA Collaborative Research & Dissemination (SCRD) untuk merencanakan keterlibatan Perguruan Tinggi (PT) Penggerak SISKA, merumuskan berbagai target riset pengembangan SISKA yang lebih jelas dan terarah, memperkuat model SISKA Kemitraan inti-plasma melalui dukungan aktif dari semua pihak yang terlibat. Harapannya, rangkaian agenda ini dapat mendorong harmonisasi semua pihak yang terlibat untuk bersama-sama mendukung pengembangan model SISKA dan menampung inovasi yang barkaitan dengan SISKA mendukung Perkebunan Sawit Berkelanjutan. (SSP-22/12/2022)

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

NEWS

Sertifikasi Animal Welfare Officer (AWO) SISKA

Bogor, 22 – 25 April 2024 – Antusiasme perusahaan perkebunan kelapa sawit dan petani-pekebun untuk menerapkan model bisnis integrasi sawit-sapi berbasis kemitraan, harus diimbangi dengan

Ingin terhubung dengan kami ?

Silahkan klik tombol dibawah

Chat Kami
1
Siskaforum.org
Gratis, gabung komunitas Siska Forum
Dapatkan info dan artikel menarik mengenai Sistem Integrasi Sapi dan Kelap Sawit