SISKA Supporting Program

"Supporting SISKA adoption and expansion among commercial palm producers and nucleus plasma-farmers"
PT_SISKA-removebg-preview
New_Logo SISKA

Gelar Rapat Kerja, GAPENSISKA Sampaikan Rencana Strategis 5 Tahun Mendatang

Share This Post

Bogor, 22 Desember 2022 – Gabungan Pelaku dan Pemerhati Sistem Integrasi Sapi – Kelapa Sawit (GAPENSISKA) telah mengadakan Rapat Kerja di Bogor, Jawa Barat, pada Kamis, 22 Desember 2022. Dihadiri oleh Ketua Dewan Pembina GAPENSISKA, Direktur Pakan Direktorat Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan, Direktur Eksekutif GAPUSPINDO, Indonesia Australia Red Meat and Cattle Partnership (IA-RMCP), dan pimpinan dewan pengawas dan dewan pengurus GAPENSISKA, acara ini sekaligus melantik seluruh pengurus GAPENSISKA periode 2022 – 2026 yang dilaksanakan secara hybrid.

Windu Negara selaku Ketua Panitia Rapat Kerja dalam laporannya menyampaikan bahwa rapat kerja ini merupakan mandat dari Kongres GAPENSISKA yang lalu telah dilaksanakan pada Maret 2022.
“Semoga Rapat Kerja ini menjadi langkah awal kita bersama dalam mempercepat pengembangan integrasi sawit-sapi di Indonesia. GAPENSISKA inilah satu-satunya organisasi yang berfokus pada sapi dan kelapa sawit,” tegasnya.

Ketua Umum GAPENSISKA, Joko Iriantono dalam sambutannya menyampaikan bahwa agenda ini menjadi langkah awal dimulainya kegiatan GAPENSISKA sebagai organisasi yang aktif. “GAPENSISKA akan terus berperan dalam upaya pencapaian Kebun Sawit Berkelanjutan dan Ketahanan Pangan Indonesia melalui implementasi Integrasi Sawit-Sapi (SISKA). Kami harapkan rapat ini bisa memancing multistakeholder baik para petani, perkebunan, pemerintah saling bekerjasama untuk mengembangkan konsep-konsep integrasi sawit-sapi yang berkelanjutan,” tambahnya.

Prof Tjeppy D Soedjana, Ketua Dewan Penasehat GAPENSISKA dalam paparannya menyampaikan bahwa pada dua tahun pertama (2023-2024), GAPENSISKA akan fokus pada konsolidasi kegiatan penyediaan dan pengelolaan informasi dan pemanfaatan hasil riset, pengalaman empiris, dan best practices termasuk inisiasi kegiatan riset inisiatif melalui sumber dana BPDPKS. Pada tahun ketiga dan keempat (2024-2025), GAPENSISKA akan fokus pada perluasan dan penyempurnaan implementasi model SISKA di wilayah yang memiliki minat tentang SISKA. Dan dua tahun terakhir (2026-2027), GAPENSISKA akan melanjutkan kerjasama dengan entitas riset untuk pengembangan IPTEK terkait manajemen, budidaya dan usaha SISKA.

Rapat Kerja ini menghasilkan dokumen Ketetapan Rapat Pimpinan GAPENSISKA tentang Rencana Strategis 2023 -2027 yang berisi tentang Rencana Strategis GAPENSISKA (2023 -2027) dan Penugasan Dewan Pengurus GAPENSISKA untuk membuat program kerja sesuai dengan Rencana Strategis (Renstra) tersebut. (SSP-22/12/2022)

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

NEWS

Sertifikasi Animal Welfare Officer (AWO) SISKA

Bogor, 22 – 25 April 2024 – Antusiasme perusahaan perkebunan kelapa sawit dan petani-pekebun untuk menerapkan model bisnis integrasi sawit-sapi berbasis kemitraan, harus diimbangi dengan

Ingin terhubung dengan kami ?

Silahkan klik tombol dibawah

Chat Kami
1
Siskaforum.org
Gratis, gabung komunitas Siska Forum
Dapatkan info dan artikel menarik mengenai Sistem Integrasi Sapi dan Kelap Sawit