SISKA Supporting Program

"Supporting SISKA adoption and expansion among commercial palm producers and nucleus plasma-farmers"
PT_SISKA-removebg-preview
New_Logo SISKA

Implementasi Sistem Integrasi Sapi Kelapa Sawit (SISKA) di Beberapa Negara Penghasil Sawit

BAGIKAN

Dokumen artikel lengkap dapat diakses disini.

 

Rekomendasi teknis untuk pengembangan sistem integrasi sapi kelapa sawit (SISKA) di Indonesia, dengan melihat perbandingan kebijakan dan praktek implementasi di negara-negara lain penghasil sawit, setidaknya sebagai berikut :

  1. Peningkatan Kesadaran dan Edukasi: (a) Mengadakan kampanye penyuluhan dan pelatihan untuk petani kelapa sawit tentang manfaat, prinsip, dan praktik SISKA. (b) Melibatkan lembaga pemerintah, perguruan tinggi, dan organisasi terkait dalam memberikan dukungan teknis dan pendampingan kepada petani dalam implementasi SISKA.
  2. Pengembangan Kemitraan dan Kolaborasi: (a) Mendorong kolaborasi antara perusahaan kelapa sawit, pemerintah daerah, dan peternak untuk menerapkan SISKA. (b) Memfasilitasi kemitraan antara perusahaan kelapa sawit dengan peternak sapi, dengan menyediakan lahan dan dukungan teknis kepada peternak.
  3. Pengelolaan Limbah Kelapa Sawit: (a) Mendorong penanganan dan pengolahan limbah kelapa sawit yang efektif melalui pengomposan, pengolahan biogas, atau teknologi lainnya. (b) Mengoptimalkan penggunaan limbah kelapa sawit sebagai pakan sapi untuk mengurangi ketergantungan pada pakan impor.
  4. Pengembangan Pakan dan Nutrisi: (a) Melakukan penelitian lebih lanjut untuk mengembangkan formula pakan yang sesuai berdasarkan komposisi nutrisi limbah kelapa sawit dan kebutuhan sapi. (b) Memastikan ketersediaan pakan yang cukup dan berkualitas bagi sapi dalam sistem integrasi.
  5. Pengelolaan Kesehatan dan Kualitas Ternak: (a) Meningkatkan pemantauan kesehatan ternak melalui vaksinasi, pengendalian parasit, dan program pemeliharaan kesehatan yang baik. (b) Memastikan kebersihan dan sanitasi yang tepat di area peternakan untuk menghindari penyebaran penyakit.
  6. Peningkatan Akses Finansial: Mendorong pemberian dukungan keuangan dan insentif kepada petani dan perusahaan kelapa sawit yang menerapkan SISKA, seperti subsidi, kredit usaha, atau insentif pajak.
  7. Penelitian dan Inovasi: Melakukan penelitian dan pengembangan lebih lanjut untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas SISKA, termasuk pemilihan varietas sapi yang cocok, penggunaan teknologi hijau, dan pengelolaan berkelanjutan.

 

Penulis : Dr Wahyu Darsono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat Kami
1
Siskaforum.org
Gratis, gabung komunitas Siska Forum
Dapatkan info dan artikel menarik mengenai Sistem Integrasi Sapi dan Kelap Sawit