SISKA Supporting Program

"Supporting SISKA adoption and expansion among commercial palm producers and nucleus plasma-farmers"
PT_SISKA-removebg-preview
New_Logo SISKA

Kelompok Peternak (PokNak) Sapi dan Koperasi Perkebunan (KopBun) Sawit dalam Implementasi SISKA (Sistem Integrasi Sapi Kelapa Sawit)

BAGIKAN

Dokumen artikel lengkap dapat diunduh disini.

 

Rekomendasi teknis untuk optimalisasi peran kelompok peternak dan koperasi perkebunan dalam implementasi integrasi sapi kelapa sawit:

  1. Peningkatan Kapasitas Peternak: (a) Memberikan pelatihan dan pendidikan kepada peternak dalam hal manajemen peternakan, nutrisi ternak, kesehatan hewan, reproduksi, dan pengelolaan limbah. (b) Mendorong peternak untuk mengadopsi teknologi modern yang sesuai dengan kebutuhan integrasi sapi kelapa sawit, seperti sistem pakan terkontrol, manajemen reproduksi, dan pemantauan kesehatan ternak secara rutin.
  2. Pengelolaan Limbah Peternakan: (a) Memberikan petunjuk dan bantuan kepada kelompok peternak dan koperasi perkebunan dalam pengelolaan limbah peternakan. Ini termasuk sistem pengolahan limbah yang tepat, seperti pengomposan atau penggunaan limbah sebagai pupuk organik. (b) Mengedukasi peternak tentang pentingnya pengelolaan limbah yang baik untuk mencegah pencemaran lingkungan dan menjaga kebersihan peternakan.
  3. Pemilihan Sapi yang Tepat: (a) Memberikan pedoman kepada peternak dalam pemilihan sapi yang cocok untuk integrasi dengan kelapa sawit, seperti sapi yang tahan terhadap panas dan lingkungan tropis. (b) Mendorong peternak untuk memilih sapi dengan potensi produktivitas yang tinggi, baik dalam hal produksi susu maupun produksi daging, sesuai dengan tujuan integrasi sapi kelapa sawit.
  4. Peningkatan Kualitas Pakan: (a) Memberikan pengetahuan dan akses kepada kelompok peternak dan koperasi perkebunan terkait pakan ternak yang seimbang dan berkualitas. (b) Menggalakkan praktik pengelolaan hijauan pakan ternak, seperti penanaman rumput atau legum sebagai pakan hijauan lokal.
  5. Pengaturan Kesehatan Hewan yang Baik: (a) Menyediakan layanan kesehatan hewan yang terjangkau dan mudah diakses bagi kelompok peternak dan koperasi perkebunan. (b) Memastikan pelaksanaan vaksinasi yang rutin dan pemantauan kesehatan hewan yang teratur untuk mencegah dan mengendalikan penyakit.
  6. Membangun Kemitraan yang Kuat: (a) Mendorong kelompok peternak dan koperasi perkebunan untuk membentuk kemitraan yang kuat dengan perusahaan sawit, melalui perjanjian yang jelas dan saling menguntungkan. (b) Memfasilitasi pertukaran pengetahuan dan pengalaman antara kelompok peternak dan koperasi perkebunan, serta membangun jaringan yang solid untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan peternakan sapi.

 

Selain rekomendasi di atas, penting juga untuk memperhatikan faktor-faktor sosial, ekonomi, dan lingkungan dalam implementasi integrasi sapi kelapa sawit. Mengadopsi pendekatan holistik dan berkelanjutan akan membantu memastikan kesuksesan program integrasi dan kesejahteraan semua pihak yang terlibat.

 

Penulis : Dr Wahyu Darsono

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat Kami
1
Siskaforum.org
Gratis, gabung komunitas Siska Forum
Dapatkan info dan artikel menarik mengenai Sistem Integrasi Sapi dan Kelap Sawit