SISKA Supporting Program

"Supporting SISKA adoption and expansion among commercial palm producers and nucleus plasma-farmers"
PT_SISKA-removebg-preview
New_Logo SISKA

Manajemen Sapi Pejantan dalam Pembiakan Sapi pada Sistem Integrasi Sapi Kelapa Sawit (SISKA)

BAGIKAN

Dokumen artikel lengkap dapat diakses disini.

 

Rekomendasi teknis untuk meningkatkan kualitas dan performa sapi pejantan sehingga mampu menghasilkan KPI pembiakan yang maksimal:

  1. Lakukan seleksi dan pengujian sapi pejantan secara rutin untuk mengetahui kualitas genetik, produktivitas, dan kesehatan sapi pejantan. Gunakan standar SNI atau standar lain yang sesuai untuk menilai sapi pejantan.
  2. Berikan pakan yang berkualitas dan cukup untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sapi pejantan. Pakan yang baik dapat meningkatkan libido, kualitas sperma, dan kesuburan sapi pejantan.
  3. Lakukan manajemen perkandangan yang baik untuk menjaga kenyamanan, kebersihan, dan keamanan sapi pejantan. Perkandangan yang baik dapat mencegah stres, penyakit, dan cedera pada sapi pejantan.
  4. Lakukan manajemen reproduksi yang baik untuk mengatur dan merencanakan perkawinan pada sapi pejantan. Perhatikan juga waktu, frekuensi, dan durasi perkawinan agar dapat meningkatkan keberhasilan kebuntingan.
  5. Lakukan manajemen inseminasi buatan yang baik jika menggunakan semen cair atau semen beku dari sapi pejantan. Lakukan pemeriksaan kualitas semen secara berkala, simpan semen beku dengan cara yang benar dan aman, dan gunakan tenaga ahli yang terlatih untuk melakukan inseminasi buatan.
  6. Lakukan evaluasi hasil pembiakan secara berkala untuk mengetahui performa sapi pejantan. Lakukan juga seleksi dan penggantian sapi pejantan jika diperlukan untuk meningkatkan kualitas genetik pedet yang dihasilkan.

 

Penulis : Dr Wahyu Darsono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat Kami
1
Siskaforum.org
Gratis, gabung komunitas Siska Forum
Dapatkan info dan artikel menarik mengenai Sistem Integrasi Sapi dan Kelap Sawit