SISKA Supporting Program

"Supporting SISKA adoption and expansion among commercial palm producers and nucleus plasma-farmers"
PT_SISKA-removebg-preview
New_Logo SISKA

Membangun Kolaborasi Riset dan Diseminasi untuk Pengembangan Sistem Integrasi Sapi-Kelapa Sawit (SISKA) mendukung Perkebunan Sawit Berkelanjutan di Indonesia

BAGIKAN

Dokumen artikel lengkap dapat diakses disini.

 

Rekomendasi teknis untuk membangun kolaborasi yang kuat dan sinergis dalam riset dan diseminasi sistem integrasi sapi-kelapa sawit (SISKA) membutuhkan pendekatan holistik yang melibatkan semua pemangku kepentingan, antara lain sebagai berikut :

  1. Membangun Visi dan Tujuan Bersama. Penting untuk membangun visi dan tujuan yang jelas dan dibagikan oleh semua pemangku kepentingan. Ini dapat membantu untuk mengarahkan upaya kolaborasi dan memastikan semua pihak bergerak dalam arah yang sama.
  2. Pembentukan Komite Pelaksana. Membentuk sebuah komite yang terdiri dari perwakilan dari semua pemangku kepentingan dapat membantu dalam koordinasi dan pelaksanaan aktivitas riset dan diseminasi. Komite ini harus memiliki struktur dan tanggung jawab yang jelas, dan dibentuk dengan prinsip inklusif dan demokratis.
  3. Pendanaan yang Stabil. Kolaborasi yang kuat membutuhkan pendanaan yang stabil. Ini dapat dicapai melalui kombinasi sumber pendanaan, seperti hibah penelitian, dukungan industri, dana pemerintah, dan dana dari organisasi internasional.
  4. Komunikasi yang Efektif. Komunikasi yang efektif antara semua pemangku kepentingan sangat penting. Ini dapat mencakup rapat rutin, laporan kemajuan, dan alat komunikasi lain seperti email, website, atau platform media sosial.
  5. Kapasitas dan Pendidikan. Meningkatkan kapasitas dan pengetahuan semua pemangku kepentingan adalah kunci untuk kolaborasi yang sukses. Ini dapat dicapai melalui pelatihan, workshop, atau program pendidikan lainnya.
  6. Pemantauan dan Evaluasi. Penting untuk melakukan pemantauan dan evaluasi rutin terhadap aktivitas dan hasil kolaborasi. Ini dapat membantu untuk memastikan bahwa kolaborasi berjalan dengan baik dan mencapai tujuannya.
  7. Pengakuan dan Penghargaan. Mengakui dan menghargai kontribusi dari semua pemangku kepentingan dapat membantu untuk memotivasi partisipasi dan mempertahankan komitmen terhadap kolaborasi.

Dengan menerapkan rekomendasi ini, diharapkan dapat membangun kolaborasi yang kuat dan sinergis dalam riset dan diseminasi SISKA, yang dapat berdampak signifikan terhadap perkebunan sawit berkelanjutan di Indonesia. Hal ini perlu di implementasikan dengan acuan yang jelas dalam bentuk Roadmap Kolaborasi. Merencanakan roadmap kolaborasi dalam riset dan diseminasi sistem integrasi sapi-kelapa sawit (SISKA) merupakan langkah penting untuk memastikan efektivitas dan keberlanjutan kerjasama.

 

 

Penulis : Dr Wahyu Darsono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat Kami
1
Siskaforum.org
Gratis, gabung komunitas Siska Forum
Dapatkan info dan artikel menarik mengenai Sistem Integrasi Sapi dan Kelap Sawit