SISKA Supporting Program

"Supporting SISKA adoption and expansion among commercial palm producers and nucleus plasma-farmers"
PT_SISKA-removebg-preview
New_Logo SISKA

MENGAPA PERLU MENYAPIH?

BAGIKAN

Siklus Pembiakan Sapi

 

Proses Penyapihan
Proses penyapihan adalah proses pemisahan antara induk dengan pedet dengan tujuan untuk membatasi hingga menghentikan proses menyusu.

 

Usia berapa pedet (anak sapi) sebaiknya memasuki tahap penyapihan?

Usia sapih – Untuk induk sapi di pastura yang cukup baik, biasanya pedet disapih pada usia sekitar enam bulan.

 

Pedet perlu dipisahkan dari induknya untuk memberi kesempatan yang lebih baik bagi induk agar memulihkan kondisi tubuh sehingga cepat bunting kembali. Penyapihan dilakukan bukan untuk memperbaiki kesehatan pedet – pedet kehilangan makanan bergizi dari susu sewaktu disapih. Anak-anak sapi (pedet) yang mencapai bobot sekitar 80 kg dapat disapih, tetapi harus diberi suplemen pakan yang tepat.

 

Pedet yang disapih sebaiknya dipindahkan ke lokasi lain yang cukup jauh sehingga induknya tidak dapat mendengar suara anaknya. Sapi yang disapih bisa ditempatkan di feedlot untuk pedet kecil atau di kandang yang kuat dan aman untuk pedet yang sudah lebih tua.

 

Sapi yang sedang disapih membutuhkan pakan yang berkualitas baik ketika mereka tidak lagi mendapatkan susu dari induknya selama proses penyapihan. Untuk menghindari penurunan pertumbuhan selama penyapihan, pedet harus sepenuhnya beradaptasi dengan pakan padat sebelum disapih.

 

Pedet yang disapih harus diberi ransum berkualitas tinggi selama setidaknya empat minggu dengan akses tidak terbatas ke hijauan yang segar, enak (palatabel) – dan air minum segar. Hijauan bisa berupa cacahan daun dari rerumputan yang tanpa batang yang berlebihan dan tanpa daun sawit, atau dilepas di penggembalaan.

 

Sumber : IACCB Manual

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat Kami
1
Siskaforum.org
Gratis, gabung komunitas Siska Forum
Dapatkan info dan artikel menarik mengenai Sistem Integrasi Sapi dan Kelap Sawit