SISKA Supporting Program

"Supporting SISKA adoption and expansion among commercial palm producers and nucleus plasma-farmers"
PT_SISKA-removebg-preview
New_Logo SISKA

Mengoptimalkan Tanaman Gulma di Kebun Sawit sebagai Pakan Hijauan atau Pastura

BAGIKAN

Dokumen artikel lengkap dapat diakses disini.

 

Rekomendasi teknis dalam pemanfaatan gulma sebagai pakan sapi dan penggembalaan di perkebunan sawit :

  1. Identifikasi dan Pemilihan Gulma yang Aman: Pelajari dan identifikasi gulma yang tumbuh di perkebunan sawit Anda untuk memastikan mereka aman untuk dikonsumsi oleh sapi. Hindari memberikan gulma yang diketahui beracun atau berpotensi berbahaya bagi sapi. Beri perhatian khusus pada gulma yang tumbuh dekat dengan area penyemprotan pestisida atau area yang mungkin terkontaminasi bahan kimia lainnya.
  2. Analisis Nutrisi Gulma: Lakukan analisis nutrisi gulma yang ada di perkebunan sawit untuk mengetahui komposisi nutrisi mereka. Analisis nutrisi akan membantu Anda dalam merencanakan suplementasi pakan yang tepat dan mengkalkulasikan jumlah yang harus diberikan kepada sapi.
  3. Pengolahan Gulma: Beberapa gulma perkebunan sawit mengandung serat yang cukup tinggi dan sulit dicerna oleh sapi. Pengolahan gulma seperti pencacahan, penghancuran, atau fermentasi dapat membantu meningkatkan kecernaan nutrisi dan ketersediaannya bagi sapi. Pilih metode pengolahan yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi lokal Anda.
  4. Suplementasi Pakan: Gulma perkebunan sawit pada umumnya memiliki kandungan nutrisi yang rendah, terutama protein. Penting untuk melakukan suplementasi pakan dengan pakan konsentrat yang kaya nutrisi untuk memenuhi kebutuhan protein, energi, dan nutrisi lainnya bagi sapi.
  5. Rotasi Penggembalaan: Jika Anda menggembalakan sapi di perkebunan sawit, pastikan untuk melakukan rotasi penggembalaan secara teratur. Rotasi penggembalaan membantu menjaga kelestarian gulma, meminimalkan tekanan makanan pada satu jenis gulma, dan memastikan sumber pakan yang berkelanjutan bagi sapi.
  6. Pengawasan dan Pemantauan Kesehatan Sapi: Perhatikan kesehatan sapi secara teratur saat diberikan gulma perkebunan sawit. Pantau kondisi tubuh, berat badan, dan kesehatan sapi untuk memastikan gulma memberikan nutrisi yang cukup dan sesuai dengan kebutuhan sapi. Penting untuk memperhatikan keselamatan dan kesehatan sapi serta memperhatikan ketersediaan nutrisi yang memadai saat menggunakan gulma perkebunan sawit sebagai pakan sapi dan dalam penggembalaan.
  7. Konsultasikan dengan Ahli: Penting untuk berkonsultasi dengan ahli nutrisi ternak atau peternakan yang berpengalaman dalam pemanfaatan gulma perkebunan sawit sebagai pakan sapi dan penggembalaan. Ahli akan dapat memberikan saran yang lebih spesifik dan mengkustomisasi rekomendasi berdasarkan kondisi lokal, jenis sapi, dan ketersediaan gulma perkebunan sawit.

 

Penulis : Dr Wahyu Darsono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat Kami
1
Siskaforum.org
Gratis, gabung komunitas Siska Forum
Dapatkan info dan artikel menarik mengenai Sistem Integrasi Sapi dan Kelap Sawit