SISKA Supporting Program

"Supporting SISKA adoption and expansion among commercial palm producers and nucleus plasma-farmers"
PT_SISKA-removebg-preview
New_Logo SISKA

Meningkatkan Kompetensi dan Karakter Sumber Daya Manusia dalam Pengembangan Sistem Integrasi Sapi Kelapa Sawit (SISKA)

BAGIKAN

Dokumen artikel lengkap dapat diakses disini.

 

Rekomendasi teknis untuk peningkatan kompetensi dan karakter sumber daya manusia dalam pengembangan sistem integrasi sapi kelapa sawit:

  1. Program Pendidikan dan Pelatihan: Membangun program pendidikan dan pelatihan yang komprehensif yang mencakup berbagai aspek sistem integrasi sapi kelapa sawit, termasuk manajemen perkebunan, pemeliharaan sapi, pakan, pemuliaan ternak, kesehatan hewan, manajemen limbah, dan penggunaan teknologi pertanian yang relevan. Program ini harus dirancang dengan mengikuti perkembangan terbaru dalam industri kelapa sawit dan praktik berkelanjutan.
  2. Pendampingan Lapangan: Menyediakan pendampingan dan bimbingan lapangan yang intensif kepada peternak atau pekebun dalam pengembangan sistem integrasi sapi kelapa sawit. Pendampingan ini dapat dilakukan oleh ahli atau konsultan yang berpengalaman dalam praktik integrasi tersebut. Pendampingan lapangan membantu peternak atau pekebun dalam mengatasi tantangan praktis, mempraktikkan keterampilan yang telah dipelajari, dan meningkatkan pemahaman langsung tentang sistem integrasi.
  3. Demonstrasi Lapangan: Mengadakan demonstrasi lapangan yang memperlihatkan secara praktis penerapan sistem integrasi sapi kelapa sawit yang berhasil. Demonstrasi ini memberikan kesempatan bagi peternak atau pekebun untuk melihat secara langsung praktik terbaik, penggunaan teknologi, dan manajemen yang efektif dalam sistem integrasi tersebut. Hal ini memungkinkan mereka untuk belajar dari pengalaman praktis dan mendapatkan inspirasi untuk mengadopsi metode yang serupa.
  4. Riset dan Inovasi: Mendorong peternak atau pekebun untuk terlibat dalam kegiatan riset dan inovasi dalam pengembangan sistem integrasi sapi kelapa sawit. Ini dapat dilakukan melalui kerjasama dengan lembaga penelitian, universitas, atau program penelitian yang ada. Dalam hal ini, mereka dapat berpartisipasi dalam uji coba teknologi baru, pengembangan metode baru, dan pengumpulan data untuk perbaikan terus-menerus dalam sistem integrasi.
  5. Penerapan Teknologi Modern: Mendorong peternak atau pekebun untuk menerapkan teknologi modern yang relevan dalam sistem integrasi sapi kelapa sawit. Ini meliputi penggunaan sensor, otomatisasi, pengolahan data, dan manajemen informasi untuk memantau dan mengelola perkebunan dan peternakan secara efisien. Peningkatan literasi digital dan teknologi diperlukan agar mereka dapat memanfaatkan teknologi tersebut dengan baik.
  6. Kolaborasi dan Jaringan: Mendorong kolaborasi dan pertukaran pengetahuan antara peternak atau pekebun dalam pengembangan sistem integrasi sapi kelapa sawit. Ini dapat dilakukan melalui pembentukan jaringan, forum diskusi, atau pertemuan komunitas yang melibatkan praktisi, ahli, dan pemangku kepentingan lainnya. Melalui kolaborasi, peternak atau pekebun dapat belajar dari pengalaman satu sama lain, berbagi pengetahuan, dan mengembangkan kemitraan yang saling menguntungkan.

 

Penulis : Dr Wahyu Darsono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat Kami
1
Siskaforum.org
Gratis, gabung komunitas Siska Forum
Dapatkan info dan artikel menarik mengenai Sistem Integrasi Sapi dan Kelap Sawit