SISKA Supporting Program

"Supporting SISKA adoption and expansion among commercial palm producers and nucleus plasma-farmers"
PT_SISKA-removebg-preview
New_Logo SISKA

Monev-Bimtek Klaster SISKA Kalimantan Barat

Share This Post

Sanggau, 11-13 September 2023 – Indonesia-Australia Reda Meat and Cattle Partnership (IARMCP) dan SISKA Supporting Program (SSP) melakukan Monev-Bimtek Rutin klaster SISKA MEMBARA Kabupaten Sanggau, yaitu Klaster Maeso Tani, Klaster Rimba Makmur, dan Klaster Dekan Jaya. Rangkaian kegiatan ini dilakukan sebagai sarana SSP untuk melihat perkembangan dukungan implementasi SISKA-kemitraan di Kabupaten Sanggau demi merancang strategi implementasi kegiatan yang lebih optimal dan berdampak secara signifikan bagi kesejahteraan pekebun-peternak di Kalimantan Barat.

Klaster Maeso Tani (mitra PBN PTPN XIII Rimba Belian), menggembalakan 236 ekor sapi di lahan sawit seluas 557,19 hektar. Saat ini, koloni sapi masih banyak ditemui keluar-masuk kebun sawit TBM, sehingga muncul konflik dengan pihak kebun. Fasilitas Electric Fence (EF) diperlukan untuk menjaga sapi berada di lokasi yang ditentukan. Harapannya, melalui dana desa atau CSR Perusahaan dapat digunakan sebagai sumber pembiayaan lain untuk mendukung pengadaan EF.

Klaster Rimba Makmur (mitra PBN PTPN XIII Rimba Belian), menggembalakan 281 ekor sapi di 595,76 hektar lahan sawit. Klaster ini telah memanfaatkan Electric Fence (EF) di 60 hekar lahan sawit. Pejantan unggul sangat diperlukan di klaster ini. Oleh karena itu, anggota kelompok diharapkan berkomitmen untuk menjaga populasi pejantan nya.

Klaster Dekan Jaya (mitra PBN PTPN XIII Sungai Dekan), menggembalakan 386 ekor sapi di lahan sawit seluas 742,71 hektar. Klaster ini telah menerapkan rotational grazing dengan pagar listrik (EF). Di Klaster ini, juga dilaksanakan Bimbingan Teknis Manajemen Penggembalaan SISKA, diantaranya tentang merancang layout penggembalaan yg optimal, teknik pengendalian gulma, strategi menghindari overgrazing, hingga identifikasi penyakit umum dan penanganan penyakit.

 

Agenda ini dilanjutkan diskusi dengan Disbunnak Kalbar yang dihadiri Kepala Dinas, Kabid Peternakan, Kabid Perkebunan dan Akademisi dari Universitas Tanjungpura untuk merumuskan rencana tindak lanjut implementasi SISKA MEMBARA, antara lain (1) Implementasi Roadmap dan Juklak SISKA Membara sebagai turunan PERGUB yg sedang di rumuskan, (2) Penyusunan Prospektus Kelayakan Usaha Klaster untuk pengembangan skala usaha dan akses permodalan, (3) Pelatihan dan sertifikasi Operator/Supervisor/Manager SISKA, serta (4) Perencanaan event 2nd ICOP Conference yg akan dilaksanakan di Pontianak. Agenda-agenda ini dikolaborasikan bersama dalam SCRD (SISKA Collaborative Research and Dissemination) yang sudah di inisiasi oleh GAPENSISKA. (SSP-13/09/2023)

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

NEWS

Sertifikasi Animal Welfare Officer (AWO) SISKA

Bogor, 22 – 25 April 2024 – Antusiasme perusahaan perkebunan kelapa sawit dan petani-pekebun untuk menerapkan model bisnis integrasi sawit-sapi berbasis kemitraan, harus diimbangi dengan

Ingin terhubung dengan kami ?

Silahkan klik tombol dibawah

Chat Kami
1
Siskaforum.org
Gratis, gabung komunitas Siska Forum
Dapatkan info dan artikel menarik mengenai Sistem Integrasi Sapi dan Kelap Sawit