SISKA Supporting Program

"Supporting SISKA adoption and expansion among commercial palm producers and nucleus plasma-farmers"
PT_SISKA-removebg-preview
New_Logo SISKA

Monev-Bimtek Klaster SISKA-Kemitraan Kaltim

Share This Post

Kaltim, 14-17 April 2023 – SISKA Supporting Program telah melakukan ekspansi dan mendampingi lokasi implementasi SISKA sebagai strategi untuk penyediaan pasokan daging sapi di Ibukota Negara Baru (IKN) Kalimantan Timur sejak Januari 2023. Dalam rangka mendampingi secara langsung perkembangan dan capaian implementasi SISKA-Kemitraan di Kalimantan Timur, Red Meat and Cattle Partnership (RMCP) dan SISKA Supporting Program melakukan Monitoring Evaluasi sekaligus Bimbingan Teknis ke klaster SISKA KALTIM, yaitu Klaster Gawi Bersama, Klaster Sumber Mulyo, dan PT PWR. Selain itu, SISKA Supporting Program juga berdiskusi dengan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Prov Kaltim, Dinas Pertanian Kabupaten Kutai Timur, dan ketua calon lokasi klaster baru dari Desa Bringin Agung, Kecamatan Samboja, Kab Kutai Kartanegara, yaitu Kelompok Ternak Lembu Jaya.

Terhitung hingga saat ini, tercatat 5 klaster yang secara aktif mengimplementasikan SISKA dan intensif mendapatkan pendampingan dari SISKA Supporting Program, dan berpotensi ada penambahan 1 klaster dari Kelompok Ternak Lembu Jaya. Implementasi SISKA-kemitraan di Kalimantan Timur diyakini akan terus berjalan berkelanjutan, ditambah lagi dengan banyaknya dukungan dan komitmen dari berbagai stakeholder, seperti dari Pemerintah Provinsi melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kalimantan Timur, Pemerintah Daerah Kabupaten, hingga organisasi seperti GAPKI Kaltim. Selain itu, terdapat PT Inti Central Nusantara (PT ICN) yang berkomitmen kuat untuk bekerjasama dalam memanfaatkan lahan sawit untuk pengembangan peternakan sapi dengan metode SISKA. PT ICN bekerjasama dengan GAPENSISKA dalam penyusunan bisnis plan.

Dalam waktu dekat, Pemprov Kaltim akan melakukan kajian identifikasi sapi di kebun sawit bersama perguruan tinggi dan segera menyusun petunjuk pelaksanaan/petunjuk teknis implementasi sebagai turunan dari PERGUB RAD KSB Kalimantan Timur Nomor 19 Tahun 2022.

Kegiatan Bimtek-Monev ini dilakukan sebagai sarana dan media bagi SISKA Supporting Program untuk melihat perkembangan dukungan implementasi SISKA-kemitraan di Kalimantan Timur agar dapat merancang strategi yang lebih optimal untuk dukungan implementasi SISKA yang lebih berkelanjutan dan berdampak secara signifikan bagi kesejahteraan pekebun-peternak dan menguntungkan perusahaan perkebunan sawit di Kalimantan Timur dan tercapainya misi kestabilan pasokan daging sapi untuk IKN. (SSP-17/04/2023)

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

NEWS

Sertifikasi Animal Welfare Officer (AWO) SISKA

Bogor, 22 – 25 April 2024 – Antusiasme perusahaan perkebunan kelapa sawit dan petani-pekebun untuk menerapkan model bisnis integrasi sawit-sapi berbasis kemitraan, harus diimbangi dengan

Ingin terhubung dengan kami ?

Silahkan klik tombol dibawah

Chat Kami
1
Siskaforum.org
Gratis, gabung komunitas Siska Forum
Dapatkan info dan artikel menarik mengenai Sistem Integrasi Sapi dan Kelap Sawit