SISKA Supporting Program

"Supporting SISKA adoption and expansion among commercial palm producers and nucleus plasma-farmers"
PT_SISKA-removebg-preview
New_Logo SISKA

Monev-Bimtek Klaster SISKA KU INTIP & ASG RMCP Visit

Share This Post

Kalsel, 27 – 28 September 2023 – Dalam rangka mendampingi secara langsung perkembangan dan capaian implementasi SISKA-Kemitraan di Kalimantan Selatan, Red Meat and Cattle Partnership (RMCP) dan SISKA Supporting Program melakukan Diskusi bersama Dinas Perkebunan dan Peternakan Kalsel sekaligus Monitoring Evaluasi sekaligus Bimbingan Teknis ke klaster SISKA KU INTIP, yaitu Klaster Tani Maju dan Jorong Maju. Agenda ini juga sekaligus melakukan monitoring program pelatihan YESS SISKA yang diselenggarakan Bhakti Surya Training Center bersama YESS Program BPPSDMP Kementan RI.

 

SISKA-kemitraan di Kalimantan Selatan telah berjalan dengan sangat baik. Hingga saat ini, terdapat sebanyak 23 klaster yang secara aktif mengimplementasikan SISKA dan intensif mendapatkan pendampingan dari SISKA Supporting Program bersama Disbunnak Kalsel. Implementasi SISKA-kemitraan di Kalimantan Selatan diyakini akan terus berjalan berkelanjutan karena banyaknya dukungan dan komitmen dari berbagai stakeholder, seperti dari Pemerintah Provinsi, Kabupaten, Perbankan, hingga GAPKI Kalsel.

Kegiatan Pendampingan berupa Bimbingan Teknis dan Pelatihan terbukti efisien meyakinkan pekebun-peternak dan perusahaan sawit untuk mengimplementasikan SISKA dengan penggembalaan terkontrol. Team Leader IARMCP mengapresiasi SISKA KU INTIP yang telah mendapatkan berbagai penghargaan tingkat Provinsi maupun Nasional. Harapannya, implementasi SISKA KU INTIP Kalimantan Selatan terus menginsipirasi berhasilnya integrasi sektor perkebunan dan peternakan untuk mewujudkan Pekebunan Sawit Berkelanjutan.

 

Program Pelatihan SDM Milenial SISKA kolaborasi BSTC dengan YESS Program telah berjalan selama 2 bulan. Team Leader ASG-RMCP mengapresiasi antuasiasme peserta dalam mengikuti pelatihan, terutama pada kegiatan-kegiatan yang paling disukai seperti drafting sapi untuk pendataan bobot sapi, pengelompokkan sapi, pengecekan kesehatan sapi, pemberian obat cacing. Peserta YESS SISKA dapat menguasai berbagai aspek teknis dalam integrasi sawit sapi. Semoga para peserta terus menerapkan ilmu yang didapat untuk mengembangkan sektor peternakan dan perkebunan sawit di Kalsel. (SSP-27/09/2023)

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

NEWS

Sertifikasi Animal Welfare Officer (AWO) SISKA

Bogor, 22 – 25 April 2024 – Antusiasme perusahaan perkebunan kelapa sawit dan petani-pekebun untuk menerapkan model bisnis integrasi sawit-sapi berbasis kemitraan, harus diimbangi dengan

Ingin terhubung dengan kami ?

Silahkan klik tombol dibawah

Chat Kami
1
Siskaforum.org
Gratis, gabung komunitas Siska Forum
Dapatkan info dan artikel menarik mengenai Sistem Integrasi Sapi dan Kelap Sawit