SISKA Supporting Program

"Supporting SISKA adoption and expansion among commercial palm producers and nucleus plasma-farmers"
PT_SISKA-removebg-preview
New_Logo SISKA

Monev-Bimtek Rutin Klaster SISKA KU INTIP Kabupaten Tanah Bumbu

Share This Post

Tanah Bumbu, 18 Juli 2023 – Pengembangan SISKA KU INTIP di Kalsel saat ini terus menunjukkan kemajuan. Hingga saat ini, telah beroperasi 22 klaster SISKA di Kalimantan Selatan yang tersebar di 4 Kabupaten, yaitu Tanah Laut, Tanah Bumbu, Barito Kuala, dan Tabalong.

Selain ke Tanah Laut, SISKA Supporting Program Indonesia – Australia Red Meat and Cattle Partnership (SSP-IARMCP) bersama Disbunnak Kalsel juga melakukan Monitoring Evaluasi dan Bimbingan Teknis Rutin ke Klaster ke Kabupaten Tanah Bumbu, yaitu di Klaster Makmur Bersama dan Mahesa Makmur pada Selasa, 18 Juli 2023.

Klaster Makmur Bersama (mitra PT BKB) telah bergabung dalam program SISKA KU INTIP sejak akhir tahun 2021. Hingga saat ini, klaster ini terus aktif melakukan penggembalaan 60 ekor sapi dengan sistem penggembalaan berotasi (rotational grazing) dengan menggunakan Electric Fence pada luasan kurang lebih 1000 hektar lahan sawit. Kini, Klaster Makmur Bersama sudah mendapatkan fasilitasi Mobile Portable Stockyard untuk membantu mempermudah pengecekan kesehatan sapi, penandaan ternak hingga melakukan vaksinasi sekaligus menunjang target pengembangan 10.000 ekor sapi SISKA di Kabupaten Tanah Bumbu.

Untuk mewujudkan Klaster-Klaster SISKA KU INTIP yang mampu menjalankan usaha secara komersial dan berkelanjutan, khususnya di wilayah kabupaten Tanah Bumbu, PT Simbiosis Karya Agroindustri (Klaster SISKA RANCH) akan membangun kawasan agroindustri SISKA (SISKA AGROPARK) sebagai integrator dalam kemitraan hulu-hilir sistem integrasi sapi kelapa sawit. Secara operasional, SISKA AGROPARK akan diimplementasikan sebagai model closed-loop bisnis dengan memerankan klaster-klaster SISKA KU INTIP diwilayah Kabupaten Tanah Bumbu sebagai mitra (plasma).

 

Klaster Mahesa Makmur, yang bermitra dengan PT GMK Satui juga terus aktif melakukan penggembalaan dengan sistem penggembalaan berotasi (rotational grazing) dengan menggunakan Electric Fence pada 51 ekor sapi di lahan sawit sekitar 500 hektar. Dengan anggota berjumlah 39 orang, klaster ini sangat kompak dan saling membantu dalam memelihara sapi nya. Bahkan, klaster ini berencana untuk melakukan iuran untuk membeli pejantan unggul untuk meningkatkan produktivitas sapi mereka loh #SISKAnation!

Terus semangat dan selalu sukses ya untuk semua klaster SISKA KU INTIP!

(SSP-18/07/2023)

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

NEWS

Sertifikasi Animal Welfare Officer (AWO) SISKA

Bogor, 22 – 25 April 2024 – Antusiasme perusahaan perkebunan kelapa sawit dan petani-pekebun untuk menerapkan model bisnis integrasi sawit-sapi berbasis kemitraan, harus diimbangi dengan

Ingin terhubung dengan kami ?

Silahkan klik tombol dibawah

Chat Kami
1
Siskaforum.org
Gratis, gabung komunitas Siska Forum
Dapatkan info dan artikel menarik mengenai Sistem Integrasi Sapi dan Kelap Sawit