SISKA Supporting Program

"Supporting SISKA adoption and expansion among commercial palm producers and nucleus plasma-farmers"
PT_SISKA-removebg-preview
New_Logo SISKA

Monev-Bimtek Rutin Klaster SISKA KU INTIP Kabupaten Tanah Laut

Share This Post

Tanah Laut, 05 & 07 Septermber 2023 – Indonesia-Australia Red Meat and Cattle Partnership (IARMCP) dan SISKA Supporting Program melakukan Monitoring Evaluasi sekaligus Bimbingan Teknis ke klaster SISKA KU INTIP Kabupaten Tanah Laut, yaitu Klaster Jorong Maju, Kebun Tengah, dan Lembu Jaya Makmur pada Selasa dan Kamis, 05 dan 07 September 2023.

Rangkaian kegiatan ini dilakukan sebagai sarana dan media bagi SISKA Supporting Program untuk melihat perkembangan dukungan implementasi SISKA-kemitraan di Kabupaten Tanah Laut agar dapat merancang strategi implementasi kegiatan yang lebih optimal untuk dukungan bimbingan teknis SISKA yang lebih berkelanjutan dan berdampak secara signifikan bagi kesejahteraan pekebun-peternak dan menguntungkan perusahaan perkebunan sawit di Kalimantan Selatan.

Klaster Jorong Maju (mitra PT CPKA) saat ini menggembalakan sapi dengan sistem rotational grazing 68 ekor di lahan sawit seluas 600 hektar. Pejantan unggul sangat diperlukan, oleh karena itu CSR PT CPKA berencana untuk memberikan aset sapi jantan tersebut. Selain itu, top management perusahaan berniat untuk memperluas implementasi SISKA dengan membuat klaster baru di lahan plasma CPKA.

 

Klaster Kebun Tengah (mitra PT GMK), saat ini intensif menerapkan rotational grazing 88 ekor sapi pada 678,2 hektar lahan sawit. Klaster ini telah siap membuat kandang komunal pada lahan lebih dari 1,5 hektar sebagai lokasi isolasi sapi yang sakit atau mau melahirkan dan pondok untuk berkumpulnya anggota klaster. Management PT GMK berencana menambah anggaran program CSR untuk bibit unggul pejantan kepada Klaster Kebun Tengah.

Klaster Lembu Jaya Makmur (mitra PT GMK), juga intensif menerapkan rotational grazing 182 ekor sapi pada 3900 hektar lahan sawit. Klaster ini masih mengalami kendala dalam mengumpulkan para pekebun-peternak yang berada di sekitar wilayah klaster, namun management PT GMK akan memperjuangkan dan membuat regulasi agar pekebun-peternak bergabung menjadi anggota kelompok dan menerapkan rotational grazing agar ternaknya lebih terkontrol, karena saat ini GMK sedang replanting. (SSP, 05-07/09/2023)

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

NEWS

Sertifikasi Animal Welfare Officer (AWO) SISKA

Bogor, 22 – 25 April 2024 – Antusiasme perusahaan perkebunan kelapa sawit dan petani-pekebun untuk menerapkan model bisnis integrasi sawit-sapi berbasis kemitraan, harus diimbangi dengan

Ingin terhubung dengan kami ?

Silahkan klik tombol dibawah

Chat Kami
1
Siskaforum.org
Gratis, gabung komunitas Siska Forum
Dapatkan info dan artikel menarik mengenai Sistem Integrasi Sapi dan Kelap Sawit