SISKA Supporting Program

"Supporting SISKA adoption and expansion among commercial palm producers and nucleus plasma-farmers"
PT_SISKA-removebg-preview
New_Logo SISKA

Monev-Bimtek Rutin Klaster SISKA KU INTIP Kabupaten Tanah Laut

Share This Post

Tanah Laut, 17 Juli 2023 – Pengembangan SISKA KU INTIP di Kalsel saat ini terus menunjukkan kemajuan. Hingga saat ini, telah beroperasi 22 klaster SISKA di Kalimantan Selatan yang tersebar di 4 Kabupaten, yaitu Tanah Laut, Tanah Bumbu, Barito Kuala, dan Tabalong.

Dalam rangka meninjau secara langsung progress implementasi SISKA dan mewujudkan peningkatan dan pengembangan klaster SISKA KU INTIP, SISKA Supporting Program Indonesia – Australia Red Meat and Cattle Partnership (SSP-IARMCP) bersama Disbunnak Kalsel melakukan Monitoring Evaluasi dan Bimbingan Teknis Rutin ke Klaster di Kabupaten Tanah Laut, yaitu Klaster Candi Artha, Lembu Jaya Makmur, Kebun Tengah, Jorong Maju pada Senin, 17 Juli 2023.

Klaster Candi Artha (mitra PT Candi Artha) telah aktif mengikuti program SISKA KU INTIP dan menggembalakan sapi sebanyak secara semi-intensif sejak akhir tahun 2021. Setiap harinya, sapi digiring dari kandang ke lahan perkebunan sawit PT Candi Artha pada pagi hari dan sore harinya dikembalikan ke kandang. Hingga saat ini, populasi sapi Klaster Candi Artha sebanyak 130 ekor di lahan sawit seluas 240 hektar. Harapannya, Klaster Candi Artha mulai memanfaatkan solid sebagai pakan tambahan untuk sapi dan memanfaatkan mesin chopper untuk mengolah pelepah sawit untuk dibuat silase.

Klaster Lembu Jaya Makmur (mitra PT GMK) hingga saat ini terus aktif menggembalakan sapi di lahan sawit dengan metode penggembalaan berotasi (Rotational Grazing) dengan menggunakan Electric Fence. Klaster ini memiliki 178 ekor sapi yang digembalakan di lahan sawit seluas 3900 hektar. Harapannya, jumlah sapi terus bertambah dan tersedia pejantan yang unggul untuk meningkatkan produktivitas dan kesehatan semua sapi milik anggota klasternya.

Klaster Kebun Tengah yang juga merupakan mitra PT GMK, terus aktif menggembalakan sapi di lahan sawit dengan metode penggembalaan berotasi (Rotational Grazing) dengan menggunakan Electric Fence. Periode ini, klaster kebun tengah telah menyediakan lahan lebih dari 1,5 hektar untuk dibuat kandang sebagai lokasi isolasi sapi yang sakit atau mau melahirkan dan pondok untuk berkumpulnya anggota klaster. Selain itu, anggota kelompok juga berkomitmen untuk bekerjasama membuat kandang jepit dari bambu untuk mempermudah proses vaksinasi kepada sapi mereka.


Klaster Jorong Maju, yang bermitra dengan PT CPKA hingga saat ini juga aktif menggembalakan sapi di kebun sawit dengan rotational grazing mengggunakan Electric Fence (EF). Klaster ini juga telah memanfaatkan solid yang di fasilitasi oleh PT CPKA sebanyak 5 ton setiap 3 – 4 hari, yang disebar ke lahan sawit. Kabar baiknya, CSR perusahaan berniat untuk memberikan aset sapi jantan karena sangat dibutuhkan oleh klaster. Selain itu, ada komitmen dari top management perusahaan untuk memperluas implementasi SISKA di lahan plasma milik CPKA, lahan inti dan lahan plasma nya.

Wah, semoga kemajuan klaster SISKA KU INTIP ini terus meningkat seiring berjalannya waktu dan menjadi motivasi untuk klaster lainnya ya #SISKAnation! (SSP-17/07/2023)

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

NEWS

Sertifikasi Animal Welfare Officer (AWO) SISKA

Bogor, 22 – 25 April 2024 – Antusiasme perusahaan perkebunan kelapa sawit dan petani-pekebun untuk menerapkan model bisnis integrasi sawit-sapi berbasis kemitraan, harus diimbangi dengan

Ingin terhubung dengan kami ?

Silahkan klik tombol dibawah

Chat Kami
1
Siskaforum.org
Gratis, gabung komunitas Siska Forum
Dapatkan info dan artikel menarik mengenai Sistem Integrasi Sapi dan Kelap Sawit