SISKA Supporting Program

"Supporting SISKA adoption and expansion among commercial palm producers and nucleus plasma-farmers"
PT_SISKA-removebg-preview
New_Logo SISKA

Monev-Bimtek Rutin Klaster SISKA MANDIRI Riau

Share This Post

Riau, 7 – 9 November 2023 – Indonesia-Australia Red Meat and Cattle Partnership (IARMCP) dan SISKA Supporting Program (SSP) telah melakukan Monev-Bimtek Rutin klaster SISKA MANDIRI di Kabupaten Rokan Hulu (Klaster Ternak Barokah dan Sangkir Jaya) dan Kabupaten Kampar (Klaster Jaya Abadi) serta Kabupaten Siak (Klaster Talago Sam-Sam). Rangkaian kegiatan ini dilakukan SSP-IARMCP untuk melihat perkembangan dukungan implementasi SISKA-kemitraan dan efektivitas penerapan sistem penggembalaan terkontrol (rotational grazing) demi merancang strategi kegiatan yang lebih optimal dan berdampak secara signifikan bagi kesejahteraan pekebun-peternak di Riau.

Klaster Ternak Barokah (mitra PTPN V), telah menggembalakan 82 ekor sapi di lahan sawit seluas 700 hektar. Klaster ini telah melakukan penggembalaan berotasi (rotational grazing) menggunakan pagar listrik (Electric Fence). Di Klaster ini, juga telah rutin dilakukan pemberian cacing dan penyemprotan ecto-parasite. Anggota klaster berkomitmen untuk lebih efektif menggunakan EF agar penggembalaan terkontrol (rotational grazing) berjalan secara berkelanjutan.

Klaster Sangkir Jaya (mitra PT Sawit Asahan Indah), menggembalakan 101 ekor sapi di lahan sawit seluas 2100 hektar. Manajemen perkebunan dan pekebun-peternak perlu diberikan kompetensi lebih lanjut terkait sinkronisasi aktivitas agronomi sawit dan peternakan agar dapat melakukan harmonisasi dari kedua sektor tersebut. Pengetahuan tentang efektifitas rotational grazing dengan menggunakan Electric Fence juga perlu diberikan kepada mereka, agar dapat mengimplementasikan SISKA secara berkelanjutan dan bermanfaat baik bagi perkebunan maupun ternak sapinya.

Klaster Jaya Abadi (mitra PT Ramajaya Pramukti), menggembalakan 110 ekor sapi di lahan sawit seluas 1200 hektar. Seperti Klaster Sangkir Jaya, bimbingan teknis tentang sinkronisasi aktivitas agronomi sawit dan peternakan sapi serta manajemen rotational grazing sangat diperlukan agar dapat mengimplementasikan SISKA secara lebih efektif dengan mengoptimalkan Electric Fence.

Klaster Talago Sam-Sam (mitra PT IVO Mas), merupakan calon lokasi Training Center SISKA di Riau. Menggembalakan sapi 30 ekor di lahan sawit seluas 1000 hektar, klaster ini telah memiliki fasilitas ruangan pelatihan dan 4 ruang penginapan. Diperlukan pendampingan teknis lebih intensif terkait budidaya sapi, termasuk pada manajemen pakan untuk meningkatkan kesehatan dan produktivitas sapi.

Agenda dilanjutkan dengan diskusi komitmen pemerintah provinsi dan kabupaten dalam finalisasi dokumen Roadmap & Juklak SISKA MANDIRI Riau sebagai turunan dari PERGUB No. 30 Tahun 2023 tentang Pembinaan dan Pengawasan Sistem Integrasi Usaha Perkebunan Kelapa Sawit dengan Usaha Budi Daya Ternak Sapi. Selain itu, juga menindaklanjuti komitmen dalam penggunaan Portable Cattle Yard untuk kegiatan rutin pelayanan kesehatan hewan, penandaan eartag, vaksinasi, hingga pemberian vitamin. (SSP-09/11/2023)

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

NEWS

Sertifikasi Animal Welfare Officer (AWO) SISKA

Bogor, 22 – 25 April 2024 – Antusiasme perusahaan perkebunan kelapa sawit dan petani-pekebun untuk menerapkan model bisnis integrasi sawit-sapi berbasis kemitraan, harus diimbangi dengan

Ingin terhubung dengan kami ?

Silahkan klik tombol dibawah

Chat Kami
1
Siskaforum.org
Gratis, gabung komunitas Siska Forum
Dapatkan info dan artikel menarik mengenai Sistem Integrasi Sapi dan Kelap Sawit