SISKA Supporting Program

"Supporting SISKA adoption and expansion among commercial palm producers and nucleus plasma-farmers"
PT_SISKA-removebg-preview
New_Logo SISKA

Monitoring dan Evaluasi Program MBKM SISKA Batch 3

Share This Post

Tanah Bumbu – 28 Nov s.d. 6 Desember 2022 – Dalam menghadapi era bonus demografi, SISKA Supporting Program Indonesia-Australia Red Meat and Cattle Partnership (SSP-IARMCP) selalu mendukung kegiatan pelatihan untuk meningkatkan skill dan kompetensi generasi millenial sebagai langkah nyata dan upaya penyediaan SDM yang berkualitas bagi regenerasi SDM di sektor pertanian dan peternakan. Berkolaborasi dengan berbagai universitas ternama di Indonesia, terdapat program pelatihan di bidang Integrasi Sawit-Sapi (SISKA) yang terintegrasi dengan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka atau yang dikenal dengan MBKM SISKA untuk menciptakan SDM SISKA berkualitas dengan level supervisor.

Untuk meninjau sejauhmana perkembangan skill dan keterampilan peserta MBKM SISKA Batch 3, telah dilaksanakan agenda Monitoring dan Evaluasi (Monev) oleh Universitas Gadjah Mada (UGM) di lokasi implementasi integrasi sawit sapi (SISKA) di PT BKB (SISKA Ranch dan Klaster SISKA KUINTIP Tani Maju), PT CPKA, dan akan direncanakan selanjutnya di PT Astra Agro Lestari dalam waktu dekat ini.

Berdasarkan hasil monitoring evaluasi dengan standar kompetensi level supervisor, selama lebih dari 45 hari peserta MBKM SISKA Batch 3 telah mampu menuju skema standar kompetensi level supervisor. Peserta sudah mampu melakukan penerapan K3 SISKA, manajemen grazing, menerapkan perawatan ternak, hingga manajemen perkandangan. Selain itu, para peserta juga melakukan riset yang diharapkan akan memberikan rekomendasi penggunaan sumber daya yang tersedia di sekitar lokasi magang untuk pemecahan permasalahan SISKA, seperti permasalahan kesehatan hewan hingga keterbatasan pakan tambahan.

Riset seperti ini sangat dibutuhkan oleh entitas bisnis (klaster/pengadopsi model SISKA) sebagai bagian dari peningkatan keberlanjutan bisnis dan mendukung peningkatan manajemen klaster/perusahaan untuk memecahkan masalah operasional dengan pendekatan kreatifitas inovasi, analisis data dan KPI, pemanfaatan sumberdaya sekitar dan peningkatan skala serta nilai tambah bagi bisnis SISKA. (SSP-06/12/2022)

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

NEWS

Sertifikasi Animal Welfare Officer (AWO) SISKA

Bogor, 22 – 25 April 2024 – Antusiasme perusahaan perkebunan kelapa sawit dan petani-pekebun untuk menerapkan model bisnis integrasi sawit-sapi berbasis kemitraan, harus diimbangi dengan

Ingin terhubung dengan kami ?

Silahkan klik tombol dibawah

Chat Kami
1
Siskaforum.org
Gratis, gabung komunitas Siska Forum
Dapatkan info dan artikel menarik mengenai Sistem Integrasi Sapi dan Kelap Sawit