SISKA Supporting Program

"Supporting SISKA adoption and expansion among commercial palm producers and nucleus plasma-farmers"
PT_SISKA-removebg-preview
New_Logo SISKA

Optimalisasi BUMDes dengan Alokasi Dana Desa sebagai Modal dalam Penyediaan Pangan Desa melalui Kemitraan Usaha SISKA yang Komersial dan Berkelanjutan

BAGIKAN

Dokumen artikel lengkap dapat diunduh disini.

 

Rekomendasi teknis untuk optimalisasi BUMDes dalam kemitraan usaha SISKA sehingga mendorong peningkatan kesejahteraan desa dan ketahanan pangan di perdesaan:

  1. Meningkatkan kapasitas pengelolaan BUMDES dengan melakukan pelatihan, bimbingan, dan pendampingan mengenai aspek-aspek keuangan, administrasi, pemasaran, produksi, dan lingkungan. Hal ini dapat dilakukan dengan melibatkan pihak-pihak terkait seperti pemerintah desa, dinas terkait, perguruan tinggi, lembaga swadaya masyarakat, atau konsultan profesional.
  2. Meningkatkan kerjasama dengan mitra usaha SISKA yang memiliki kompetensi dan kredibilitas dalam bidang integrasi sapi kelapa sawit. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan seleksi, negosiasi, dan penandatanganan perjanjian kerjasama yang menguntungkan kedua belah pihak. Kerjasama ini dapat mencakup aspek-aspek seperti penyediaan bibit sapi, pakan sapi, obat-obatan, peralatan, bantuan teknis, pembinaan kualitas, penyerapan hasil produksi, dan pembagian keuntungan.
  3. Meningkatkan partisipasi dan kesejahteraan masyarakat desa dalam kemitraan usaha SISKA. Hal ini dapat dilakukan dengan melakukan sosialisasi, edukasi, dan motivasi kepada masyarakat desa mengenai manfaat, peluang, dan tantangan kemitraan usaha SISKA. Selain itu, BUMDES juga dapat memberikan insentif, fasilitas, atau bantuan kepada masyarakat desa yang terlibat dalam kemitraan usaha SISKA, seperti modal usaha, bantuan hukum, perlindungan asuransi, atau bantuan sosial.
  4. Meningkatkan kontribusi BUMDES dalam pembangunan desa dan ketahanan pangan. Hal ini dapat dilakukan dengan mengalokasikan sebagian keuntungan atau laba bersih BUMDES untuk mendukung program-program pembangunan desa yang sesuai dengan visi, misi, dan prioritas desa. Selain itu, BUMDES juga dapat mengembangkan unit usaha lain yang berhubungan dengan ketahanan pangan, seperti lumbung pangan desa, pengolahan hasil pertanian atau peternakan, atau agroindustri.
  5. Meningkatkan akses dan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam kemitraan usaha SISKA. Hal ini dapat dilakukan dengan membangun atau memperkuat infrastruktur TIK di desa, seperti jaringan internet atau telepon seluler. Selain itu, BUMDES juga dapat memanfaatkan aplikasi atau platform digital yang dapat membantu proses bisnis BUMDES, seperti aplikasi akuntansi, manajemen stok, pemasaran online, atau e-commerce.

 

Penulis : Dr Wahyu Darsono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat Kami
1
Siskaforum.org
Gratis, gabung komunitas Siska Forum
Dapatkan info dan artikel menarik mengenai Sistem Integrasi Sapi dan Kelap Sawit