SISKA Supporting Program

"Supporting SISKA adoption and expansion among commercial palm producers and nucleus plasma-farmers"
PT_SISKA-removebg-preview
New_Logo SISKA

Penerapan Prinsip dan Manajemen Koperasi dalam Implementasi Sistem Integrasi Sapi Kelapa Sawit (SISKA) Berbasis Kemitraan Usaha

BAGIKAN

Dokumen artikel lengkap dapat diunduh disini.

 

Rekomendasi teknis dalam implementasi prinsip-prinsip koperasi pada bisnis SISKA sesuai dengan semangat hari koperasi 12 Juli adalah sebagai berikut:

  1. Meningkatkan keanggotaan koperasi yang bersifat sukarela dan terbuka dengan melakukan sosialisasi, promosi, dan rekrutmen anggota baru yang berminat untuk bergabung dalam usaha integrasi sawit sapi. Koperasi juga harus memberikan hak dan kewajiban yang sama kepada setiap anggota tanpa membedakan latar belakang, agama, suku, atau golongan .
  2. Meningkatkan pengawasan oleh anggota yang diselenggarakan secara demokratis dengan memberikan kesempatan kepada anggota untuk mengawasi kinerja pengurus dan pengawas koperasi, menyampaikan aspirasi dan kritik, serta ikut serta dalam pengambilan keputusan yang berkaitan dengan usaha integrasi sawit sapi .
  3. Meningkatkan partisipasi aktif anggota dalam kegiatan ekonomi koperasi dengan memberikan motivasi, insentif, dan fasilitas yang memadai kepada anggota untuk berkontribusi dalam penyediaan lahan, sapi, modal, tenaga kerja, atau jasa lainnya yang diperlukan dalam usaha integrasi sawit sapi .
  4. Meningkatkan kemandirian koperasi sebagai badan usaha swadaya yang otonom dan independen dengan mengembangkan sumber daya internal koperasi, seperti modal, manajemen, teknologi, dan pemasaran. Koperasi juga harus mampu menghadapi tantangan dan peluang eksternal, seperti persaingan, regulasi, pasar, dan lingkungan .
  5. Meningkatkan pendidikan dan pelatihan bagi anggota, pengawas, pengurus, dan karyawannya, serta memberikan informasi kepada masyarakat tentang jati diri, kegiatan, dan kemanfaatan koperasi dengan menyelenggarakan program-program yang relevan, berkualitas, dan berkelanjutan. Program-program tersebut dapat meliputi peningkatan pengetahuan dan keterampilan tentang usaha integrasi sawit sapi, perkoperasian, manajemen, akuntansi, pemasaran, lingkungan hidup, dan lain-lain .
  6. Meningkatkan kerjasama antar koperasi dan antar anggota koperasi dalam rangka memperkuat gerakan koperasi dan meningkatkan daya saing dengan membentuk jaringan kegiatan pada tingkat lokal, nasional, regional, dan internasional. Jaringan kegiatan tersebut dapat meliputi pertukaran informasi, pengadaan barang dan jasa bersama, pemasaran bersama, advokasi bersama, bantuan hukum bersama, dan lain-lain .
  7. Meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan dan masyarakat sekitar koperasi dengan menerapkan praktik usaha yang ramah lingkungan, beretika, dan bertanggung jawab sosial. Praktik usaha tersebut dapat meliputi penggunaan pupuk organik, pengolahan limbah sawit dan ternak secara aman, pencegahan kebakaran hutan dan lahan, pelestarian keanekaragaman hayati, pemberdayaan masyarakat lokal, bantuan sosial kepada masyarakat yang membutuhkan.

 

Penulis : Dr Wahyu Darsono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat Kami
1
Siskaforum.org
Gratis, gabung komunitas Siska Forum
Dapatkan info dan artikel menarik mengenai Sistem Integrasi Sapi dan Kelap Sawit