SISKA Supporting Program

"Supporting SISKA adoption and expansion among commercial palm producers and nucleus plasma-farmers"
PT_SISKA-removebg-preview
New_Logo SISKA

Penggunaan Portable Electric Fence untuk Penggembalaan di Areal Perkebunan Sawit

BAGIKAN

Dokumen artikel lengkap dapat diakses disini.

 

Rekomendasi teknis bagi peternak dalam penggunaan pagar listrik portable untuk penggembalaan sapi di perkebunan sawit:

  1. Kinerja: Pagar listrik harus efektif dalam menghalau ternak agar tidak keluar dari area yang ditentukan. Pastikan pagar listrik memiliki daya yang cukup, terhubung dengan baik dengan sumber listrik dan grounding, dan tidak ada hambatan yang mengganggu aliran listrik, seperti rumput tinggi atau tanah kering.
  2. Fungsional : Pagar listrik harus disesuaikan dengan jumlah, jenis, dan perilaku ternak yang digembalakan, serta kondisi lahan dan iklim. Pagar listrik harus digunakan bersama dengan manajemen penggembalaan yang baik, seperti rotasi padang rumput, pemupukan, pengendalian gulma, dan pemberian pakan tambahan.
  3. Keselamatan: Pagar listrik harus aman bagi manusia, ternak, dan lingkungan. Pastikan tidak ada benda yang dapat menyebabkan korsleting, seperti ranting, daun, atau sampah. Jangan menyentuh pagar listrik saat menyala atau basah. Gunakan alat pengukur tegangan untuk memeriksa kondisi pagar listrik secara berkala.
  4. Kesejahteraan: Pagar listrik harus memberikan stimulus yang cukup untuk mengajarkan ternak agar tidak mendekati atau menyentuh pagar, tetapi tidak menyebabkan rasa sakit atau cedera yang berlebihan. Pastikan pagar listrik memiliki frekuensi dan durasi pulsa yang sesuai dengan jenis dan ukuran ternak, serta kondisi cuaca. Berikan pakan dan air yang cukup bagi ternak, serta tempat berteduh jika diperlukan.
  5. Keberlanjutan: Pagar listrik harus ramah lingkungan dan ekonomis. Pilih bahan dan komponen pagar listrik yang tahan lama, mudah dipasang dan dibongkar, serta hemat energi. Manfaatkan sumber energi terbarukan, seperti panel surya atau baterai isi ulang, jika memungkinkan. Lakukan perawatan dan perbaikan secara rutin untuk memperpanjang umur pagar listrik.

 

Penulis : Dr Wahyu Darsono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat Kami
1
Siskaforum.org
Gratis, gabung komunitas Siska Forum
Dapatkan info dan artikel menarik mengenai Sistem Integrasi Sapi dan Kelap Sawit