SISKA Supporting Program

"Supporting SISKA adoption and expansion among commercial palm producers and nucleus plasma-farmers"
PT_SISKA-removebg-preview
New_Logo SISKA

Pentingnya Vaksinasi & Dukungan IARMCP (Australian Government) untuk Mitigasi dan Vaksinasi PMK di Indonesia

Share This Post

Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) adalah penyakit infeksi virus yang bersifat akut dan sangat menular pada hewan berkuku genap/belah, seperti sapi, kerbau, bahkan babi. PMK juga disebut sebagai air borne disease karena sangat kecilnya virus dan mampu menyebar sangat cepat dengan bantuan angin sampai ratusan kilometer.

Pemerintah Australia memberikan dukungan atas respon terhadap adanya wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) di Indonesia. Sekitar 1 juta vaksin PMK akan diberikan untuk menindaklanjuti permintaan resmi dari Pemerintah Indonesia.

Upaya yang dapat dilakukan dalam rangka pencegahan penularan penyakit PMK adalah dengan cara biosekuriti dan medis. Biosekuriti, dengan cara perlindungan pada zona bebas dengan membatasi gerakan hewan, pengawasan lalu lintas, pelaksanaan surveilans, hingga tindakan karantina. Sedangkan secara medis, dilakukan dengan cara pemberian vaksin.

Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Tanah Bumbu, Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Selatan, SISKA Supporting Program (SSP) serta PT SISKA BKB Group melakukan vaksinasi untuk mencegah outbreak/wabah PMK semakin meluas. Kegiatan ini dilakukan dengan memberikan vaksin kepada lebih dari 1200 sapi di PT Simbiosis Karya Agroindustri (BKB Group) dan Klaster SISKA KU INTIP Tani Maju (Desa Wonorejo).

Penanganan dan Pengendalian PMK sangat penting dilakukan dengan cepat, demi mengurangi potensi kerugian ekonomi yang ditimbulkan oleh wabah PMK ini. (SSP-31/07/2022)

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

NEWS

Sertifikasi Animal Welfare Officer (AWO) SISKA

Bogor, 22 – 25 April 2024 – Antusiasme perusahaan perkebunan kelapa sawit dan petani-pekebun untuk menerapkan model bisnis integrasi sawit-sapi berbasis kemitraan, harus diimbangi dengan

Ingin terhubung dengan kami ?

Silahkan klik tombol dibawah

Chat Kami
1
Siskaforum.org
Gratis, gabung komunitas Siska Forum
Dapatkan info dan artikel menarik mengenai Sistem Integrasi Sapi dan Kelap Sawit