SISKA Supporting Program

"Supporting SISKA adoption and expansion among commercial palm producers and nucleus plasma-farmers"
PT_SISKA-removebg-preview
New_Logo SISKA

Peran dan Fungsi Fasilitator dalam Pengembangan SISKA-Kemitraan

BAGIKAN

Dokumen artikel lengkap dapat diakses disini.

 

Rekomendasi teknis untuk menjadi seorang fasilitator yang efektif dalam SISKA Kemitraan:

  1. Pendidikan dan Pengetahuan

Dapatkan pendidikan dan pengetahuan yang relevan dalam bidang pertanian, peternakan, dan kemitraan. Pahami prinsip dasar SISKA Kemitraan, praktik pertanian berkelanjutan, manajemen peternakan sapi, serta kebijakan dan regulasi terkait di sektor kelapa sawit. Tingkatkan pengetahuan Anda melalui pelatihan, seminar, dan literatur terkait.

  1. Kemampuan Komunikasi dan Keterampilan Interpersonal

Kemampuan komunikasi yang baik dan keterampilan interpersonal yang kuat sangat penting dalam peran sebagai fasilitator. Anda harus mampu berkomunikasi dengan jelas dan efektif kepada petani dan perusahaan kelapa sawit. Dengarkan dengan baik dan pahami kebutuhan, masalah, dan harapan dari kedua belah pihak. Juga, bangun hubungan yang baik dengan semua pihak yang terlibat dalam SISKA Kemitraan.

  1. Pendekatan Partisipatif

Terapkan pendekatan partisipatif dalam pekerjaan Anda sebagai fasilitator. Libatkan petani dan perusahaan kelapa sawit dalam pengambilan keputusan, perencanaan, dan evaluasi. Berikan ruang bagi mereka untuk berkontribusi, berbagi pengalaman, dan memberikan masukan. Dengan pendekatan ini, Anda dapat memperkuat hubungan kemitraan dan memastikan keberlanjutan SISKA Kemitraan.

  1. Pendampingan dan Pelatihan

Berikan pendampingan dan pelatihan yang diperlukan kepada petani dalam mengelola peternakan sapi secara efektif. Bantu mereka dalam mengembangkan keterampilan manajerial, perencanaan usaha, dan pemahaman tentang praktik pertanian berkelanjutan. Pastikan petani memahami tujuan dan manfaat dari SISKA Kemitraan, serta bagaimana menerapkannya dengan baik.

  1. Monitoring dan Evaluasi

Lakukan monitoring dan evaluasi secara teratur terhadap implementasi SISKA Kemitraan. Pantau kondisi kesehatan sapi, performa pertumbuhan, dan kepatuhan terhadap praktik pertanian yang ditetapkan. Dengan melakukan evaluasi yang berkelanjutan, Anda dapat mengidentifikasi masalah, memberikan umpan balik kepada petani dan perusahaan kelapa sawit, serta mengusulkan perbaikan yang diperlukan.

  1. Pemahaman tentang Kebijakan dan Regulasi

Menguasai kebijakan dan regulasi terkait SISKA Kemitraan di sektor kelapa sawit sangat penting. Pahami kebijakan pemerintah terkait kemitraan, peraturan lingkungan, aspek hukum, dan peraturan keamanan pangan. Pastikan petani dan perusahaan kelapa sawit mematuhi aturan dan regulasi yang berlaku.

  1. Kolaborasi dan Jaringan

Bentuk kolaborasi yang erat dengan perusahaan kelapa sawit, institusi penelitian, dan lembaga terkait lainnya. Jalin koneksi dengan para ahli, akademisi, dan praktisi di bidang pertanian dan peternakan. Dengan membangun jaringan yang kuat, Anda dapat mengakses sumber daya dan pengetahuan yang relevan serta memperluas dampak dari pekerjaan Anda sebagai fasilitator.

  1. Kesabaran dan Ketekunan

SISKA Kemitraan adalah proses yang kompleks dan membutuhkan waktu untuk mencapai hasil yang signifikan. Oleh karena itu, memiliki kesabaran dan ketekunan dalam menghadapi tantangan, perubahan, dan kendala adalah kunci untuk menjadi fasilitator yang efektif. Tetaplah berkomitmen terhadap tujuan dan visi SISKA Kemitraan.

Dengan menggabungkan keterampilan, pengetahuan, dan sikap yang positif, Anda dapat menjadi fasilitator SISKA Kemitraan yang baik dan berkontribusi dalam pengembangan pertanian berkelanjutan di sektor kelapa sawit.

Penulis : Dr Wahyu Darsono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat Kami
1
Siskaforum.org
Gratis, gabung komunitas Siska Forum
Dapatkan info dan artikel menarik mengenai Sistem Integrasi Sapi dan Kelap Sawit