SISKA Supporting Program

"Supporting SISKA adoption and expansion among commercial palm producers and nucleus plasma-farmers"
PT_SISKA-removebg-preview
New_Logo SISKA

Rakor Pengembangan SISKA KU INTIP (Sosialisasi Roadmap, Petunjuk Pelaksanaan, Prospektus Usaha, dan Naskah Akademik FPKM)

Share This Post

Selasa, 27 Februari 2024 – Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melalui Dinas Perkebunan dan Peternakan atas dukungan SISKA Supporting Program Indonesia-Australia Red Meat and Cattle Partnership (SSP-IARMCP) telah melakukan Rapat Koordinasi Pengembangan SISKA KU INTIP dengan agenda utama Sosialisasi Roadmap SISKA KU INTIP, Expose Prospektus Usaha Klaster dan Naskah Akademik FPKM dengan SISKA-Kemitraan.

Agenda ini dihadiri secara langsung oleh Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan Ir Roy Rizali Anwar, ST, MT dan 87 orang lainnya yang berasal dari berbagai instansi pemerintahan pusat, provinsi, maupun kabupaten serta asosiasi di Kalimantan Selatan. Harapannya, semua peserta dapat memahami prospek dan model usaha klaster-klaster SISKA KU INTIP, Naskah Akademik yang mengkaji relevansi SISKA-Kemitraan sebagai kewajiban PBS untuk memenuni Fasilitasi Pembangunan Kebun Masyarakat Sekitar (FPKMS), serta Roadmap Pengembangan SISKA KU INTIP.

Ir Roy Rizali Anwar, ST, MT menyatakan bahwa sektor perkebunan sawit adalah salah satu komoditas andalan Kalimantan Selatan, termasuk program SISKA KU INTIP. “Program super prioritas SISKA KU INTIP dengan penguatan yang sinergis dan kolaborasi multistakeholders diyakini dapat meningkatkan kesejahteraan pekebun-peternak untuk mewujudkan Peningkatan Populasi Sapi Potong dan Perkebunan Sawit Berkelanjutan,” ujarnya.

Team Leader SISKA Supporting Program meyakini program SISKA KU INTIP akan terus berjalan berkelanjutan. “Kami yakin, pengembangan SISKA KU INTIP Kalsel dapat berjalan berkelanjutan dengan dukungan dan kolaborasi yang baik dari Pemerintah Pusat, Provinsi, Kabupaten, GAPKI Kalsel, Universitas/Perguruan Tinggi (PT) Lembaga Perbankan, hingga asosiasi terkait lainnya yang berkontribusi bagi pengembangan klaster SISKA KU INTIP,” lanjutnya.

GAPENSISKA memanfaatkan kesempatan berharga ini dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara multistakeholder yang terlibat, yaitu Pemprov Kalsel, GAPKI Kalsel, Universitas Lambung Mangkurat (ULM), Universitas Islam Kalimantan (UNISKA), untuk berkomitmen kuat dalam mendukung suksesnya program SISKA KU INTIP.

Sebagai tindaklanjut dari kegiatan ini, semoga target pengembangan SISKA KU INTIP dapat terencana dengan baik, penyampaian dokumen Naskah Akademik Konversi FPKM dengan SISKA Kemitraan kepada Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah, serta identifikasi terhadap klaster-klaster yang siap dan potensial mengakses permodalan demi keberlanjutan usaha klaster SISKA. (SSP-27/02/2024)

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

NEWS

Sertifikasi Animal Welfare Officer (AWO) SISKA

Bogor, 22 – 25 April 2024 – Antusiasme perusahaan perkebunan kelapa sawit dan petani-pekebun untuk menerapkan model bisnis integrasi sawit-sapi berbasis kemitraan, harus diimbangi dengan

Ingin terhubung dengan kami ?

Silahkan klik tombol dibawah

Chat Kami
1
Siskaforum.org
Gratis, gabung komunitas Siska Forum
Dapatkan info dan artikel menarik mengenai Sistem Integrasi Sapi dan Kelap Sawit