SISKA Supporting Program

"Supporting SISKA adoption and expansion among commercial palm producers and nucleus plasma-farmers"
PT_SISKA-removebg-preview
New_Logo SISKA

Rapat Koordinasi Integrasi Ternak Kebun (Sapi-Sawit)

Share This Post

Banjarbaru, 24 November 2022 – Dalam rangka mendukung tercapainya percepatan impelementasi SISKA KUINTIP (Sistem Integrasi Kelapa Sawit-Sapi Berbasis Kemitraan Usaha Ternak Inti Plasma) di Kalimantan Selatan, Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan melaksanakan agenda Rapat Koordinasi Integrasi Ternak Kebun (Sapi-Sawit) di Ruang Rapat Abrani Sulaiman Kantor Sekretariat Daerah Provinsi Kalimantan Selatan.

Pertemuan ini juga sekaligus membahas progress penyusunan dan pengajuan RAD-KSB Kalimantan Selatan yang memuat tentang pembangunan green economy, prioritas untuk pembangunan bio industry, yang mewajibkan perkebunan kelapa sawit berkelanjutan mengoptimalkan biomassa dan limbah perkebunan sawit untuk mendukung ketahanan pangan melalui SISKA KUINTIP (sebagai sumber pakan untuk ternak dari hijauan atau hasil industri) sehingga terbangun simbiosis mutualisme antara sektor perkebunan dan peternakan.

Dihadiri oleh lebih dari 30 orang yang terdiri dari Sekretaris Daerah Provinsi Kalimantan Selatan, Kepala Bappeda Kalimantan Selatan, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Provinsi Kalimantan Selatan, Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Selatan hingga Kepala Dinas Pertanian maupun Dinas Peternakan Kabupaten/Kota di Kalimantan Selatan, SISKA Supporting Program Indonesia Australia Red Meat and Cattle Partnership (SSP-IARMCP) yang diwakili oleh Hero Setiawan (Technical Lead Komponen 1) memiliki kesempatan untuk beraudiensi dan berdiskusi tentang Perkembangan Implementasi SISKA KUINTIP di Kalimantan Selatan dan Capaian Kolaborasi Dinas Perkebunan dan Peternakan Kalimantan Selatan bersama SISKA Supporting Program Indonesian Australia Red Meat and Cattle Partnership (SSP-IARMCP) untuk terus mendukung keberhasilan Program SISKA KUINTIP.

Implementasi SISKA KUINTIP di Kalimantan Selatan akan di dorong sebagai lokomotif pembangunan ekonomi hijau dan ekonomi sirkular untuk meningkatkan kesejahteraan pekebun dan peternak, serta menangkal resesi ekonomi khususnya Inflasi daerah. Lokomotif tersebut akan diwujudkan dengan membangun Kawasan agroindustry khusus integrasi sawit sapi (SISKA Agroindustrial Park) di lokasi PT SISKA Kabupaten Tanah Bumbu. Kawasan agroindustry akan berperan sebagai Inti dalam industry hulu-hilir kemitraan inti-plasma system inetegrasi sawit sapi. Progress implementasi SISKA KUINTIP yang signifikan perlu mulai diarahkan menjadi aktivitas ekonomi yang berorientasi industry ramah lingkungan. Hal ini juga menjadi salah satu perwujudan visi misi pembangunan Kalimantan Selatan melalui Perkebunan Sawit Berkelanjutan dan Ketahanan Pangan Hewani (khususnya daging sapi).

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

NEWS

Sertifikasi Animal Welfare Officer (AWO) SISKA

Bogor, 22 – 25 April 2024 – Antusiasme perusahaan perkebunan kelapa sawit dan petani-pekebun untuk menerapkan model bisnis integrasi sawit-sapi berbasis kemitraan, harus diimbangi dengan

Ingin terhubung dengan kami ?

Silahkan klik tombol dibawah

Chat Kami
1
Siskaforum.org
Gratis, gabung komunitas Siska Forum
Dapatkan info dan artikel menarik mengenai Sistem Integrasi Sapi dan Kelap Sawit