SISKA Supporting Program

"Supporting SISKA adoption and expansion among commercial palm producers and nucleus plasma-farmers"
PT_SISKA-removebg-preview
New_Logo SISKA

Serunya Site Visit Mahasiswa Peternakan ULM ke SISKA Ranch!

Share This Post

Tanah Bumbu, 25 November 2023 – Saat ini, SISKA Ranch (PT Simbiosis Karya Agroindustri BKB Group) merupakan lokasi praktik terbaik Sistem Integrasi Sawit-Sapi (SISKA) di Kalimantan Selatan. Untuk menumbuhkan minat serta menambah pengetahuan mahasiswa dan para dosen terkait implementasi integrasi sawit sapi yang baik, Jurusan Peternakan Fakultas Pertanian Universitas Lambung Mangkurat (ULM) telah melakukan kunjungan lapangan ke SISKA Ranch, Kabupaten Tanah Bumbu.

Diikuti oleh lebih dari 90 mahasiswa dari program studi manajemen ternak potong, manajemen ternak perah, manajemen penggembalaan, dan ilmu pemuliaan ternak, agenda ini diawali dengan paparan dari para trainer SISKA Ranch, mengenai manajemen penggembalaan SISKA oleh Firman Teguh, dan manajemen kesehatan hewan pada SISKA oleh drh Indah Laili.

Mahasiswa peserta field visit adalah mahasiswa semester akhir yang diharapkan memiliki minat yang kuat dalam membangun industri integrasi sapi-kelapa sawit. Lulusan sarjana setidaknya diharapkan dapat berperan sebagai supervisor dalam industry SISKA. Hal ini relevan dengan salah satu dari SISKA Supporting Program Indonesia Australia Red Meat and Cattle Partnership (SSP-IARMCP), yaitu mendukung penyiapan ketersediaan dan kompetensi pelaku-pelaku unggul dalam implementasi system integrasi sapi kelapa sawit sebagai model agroindustri peternakan-perkebunan dalam perwujudan perkebunan sawit berkelanjutan dan peningkatan populasi sapi nasional.

Agenda ini dilanjutkan dengan kunjungan ke lokasi drafting sapi untuk pengenalan alat kandang jepit dan teknis drafting sapi yang efektif dan efisien. Kemudian, perjalanan dilanjutkan ke lapangan lokasi penggembalaan koloni weaner (lepas sapih) yang populasi nya sekitar 170 ekor sapi. Disini, para mahasiswa dapat mengetahui manajemen penggembalaan sapi secara ekstensif dengan menggunakan pagar kejut listrik atau portable Electric Fence (EF), termasuk pada pengenalan pakan tambahan sapi yaitu SISKAFEED yang diberikan kepada sapi 2kg/ekor per hari.

Agenda dilanjutkan dengan perjalanan ke kandang penggemukan, untuk melihat secara langsung pengelolaan sapi pengelolaan sapi grassfeed yang ditujukan untuk digemukkan dan di komersialkan. Sapi koloni grassfeed diberikan pakan 5 kali dalam sehari untuk mempercepat proses penggemukan. Semoga agenda site visit ini bisa menginspirasi dan memberikan inspirasi pengembangan SISKA di Indonesia. (SSP-25/11/2023)

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

NEWS

Sertifikasi Animal Welfare Officer (AWO) SISKA

Bogor, 22 – 25 April 2024 – Antusiasme perusahaan perkebunan kelapa sawit dan petani-pekebun untuk menerapkan model bisnis integrasi sawit-sapi berbasis kemitraan, harus diimbangi dengan

Ingin terhubung dengan kami ?

Silahkan klik tombol dibawah

Chat Kami
1
Siskaforum.org
Gratis, gabung komunitas Siska Forum
Dapatkan info dan artikel menarik mengenai Sistem Integrasi Sapi dan Kelap Sawit