SISKA Supporting Program

"Supporting SISKA adoption and expansion among commercial palm producers and nucleus plasma-farmers"
PT_SISKA-removebg-preview
New_Logo SISKA

SISKA (Sistem Integrasi Sapi Kelapa Sawit) sebagai Model Bioindustri Berkelanjutan mendukung Sustainable Development Goals (SDGs)

BAGIKAN

Dokumen artikel lengkap dapat diakses disini.

 

Rekomendasi teknis untuk kolaborasi dalam perluasan adopsi Sistem Integrasi Sapi Kelapa Sawit (SISKA) yang dapat mendukung Sustainable Development Goals (SDGs):

  1. Pembentukan Forum/Stakeholder Group: Membentuk forum atau kelompok pemangku kepentingan yang terdiri dari pemerintah, peternak, perusahaan kelapa sawit, organisasi non-pemerintah (NGO), akademisi, dan masyarakat lokal. Forum ini dapat menjadi platform untuk berbagi pengetahuan, berdiskusi, dan merumuskan kebijakan serta rencana tindakan terkait implementasi SISKA yang sesuai dengan SDGs.
  2. Riset dan Pengembangan Bersama: Melakukan penelitian dan pengembangan bersama antara lembaga pemerintah, universitas, dan perusahaan kelapa sawit untuk meningkatkan efisiensi dan keberlanjutan SISKA. Kolaborasi ini dapat mencakup peningkatan pakan hijauan berbasis limbah sawit, pengelolaan limbah yang lebih baik, peningkatan kesehatan dan kualitas sapi, serta inovasi teknologi yang mendukung implementasi SISKA.
  3. Program Pelatihan dan Kapasitas: Mengembangkan program pelatihan dan peningkatan kapasitas bagi peternak dan pekerja di sektor kelapa sawit. Kolaborasi antara pemerintah, perusahaan kelapa sawit, dan lembaga pelatihan dapat memfasilitasi pelatihan keterampilan peternakan yang berkelanjutan, manajemen kebersihan, manajemen pakan, dan kesejahteraan hewan. Hal ini akan meningkatkan keahlian peternak, kesejahteraan hewan, dan efisiensi usaha peternakan sapi.
  4. Pemberdayaan Masyarakat Lokal: Melibatkan masyarakat lokal dalam perencanaan dan implementasi SISKA. Kolaborasi dengan masyarakat lokal melalui dialog, konsultasi, dan partisipasi aktif akan membantu memahami kebutuhan mereka, mempromosikan keadilan sosial, dan mendukung pengembangan ekonomi lokal yang berkelanjutan.
  5. Pemantauan dan Pelaporan Bersama: Mengembangkan sistem pemantauan dan pelaporan yang bersama-sama oleh pemerintah, perusahaan kelapa sawit, dan masyarakat. Kolaborasi ini akan memastikan transparansi, akuntabilitas, dan evaluasi dampak implementasi SISKA terhadap SDGs. Pemantauan dapat mencakup aspek lingkungan, kesejahteraan hewan, keberlanjutan ekonomi, dan kesejahteraan sosial.
  6. Sumber Daya dan Pendanaan: Kolaborasi antara pemerintah, perusahaan kelapa sawit, dan lembaga keuangan untuk menyediakan sumber daya dan pendanaan yang diperlukan bagi peternak untuk mengimplementasikan SISKA dengan cara yang berkelanjutan. Ini dapat meliputi pembiayaan modal kerja, akses ke teknologi dan infrastruktur yang diperlukan, dan pengembangan program insentif atau subsidi yang mendorong praktek SISKA.

 

Penulis : Dr Wahyu Darsono

One Response

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat Kami
1
Siskaforum.org
Gratis, gabung komunitas Siska Forum
Dapatkan info dan artikel menarik mengenai Sistem Integrasi Sapi dan Kelap Sawit