SISKA Supporting Program

"Supporting SISKA adoption and expansion among commercial palm producers and nucleus plasma-farmers"
PT_SISKA-removebg-preview
New_Logo SISKA

SISKA Supporting Program Fasilitasi Penyusunan Rencana Usaha & Kelembagaan SISKA KUINTIP untuk Kesejahteraan Pekebun-Peternak di Kalimantan Selatan

Share This Post

Tanjung, 13-15 Januari 2022 – SISKA Supporting Program (Indonesia Australia Red Meat & Cattle Partnership) bersama Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Selatan seakan tak pernah lelah untuk terus gencarkan implementasi program SISKA KUINTIP (Sistem Integrasi Sawit-Sapi Kemitraan Usaha Inti Plasma) di Kalimantan Selatan. Sebagai program yang menjadi program prioritas dan program lompatan maksimal dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan, SISKA KUINTIP perlu segera diimplementasikan untuk meningkatkan ketersediaan pasokan daging sapi di Kalimantan Selatan sekaligus mewujudkan green economy dan perkebunan sawit berkelanjutan. Dalam rangka menunjang keberhasilan implementasi SISKA KUINTIP, telah dilakukan Workshop dengan tema “Perencanaan Usaha dan Kelembagaan” di Tanjung, Kabupaten Tabalong.

 

Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Selatan, drh Suparmi dalam sambutannya menyatakan bahwa basis dari program SISKA KUINTIP ini adalah program yang strategis untuk kesejahteraan pekebun-peternak di Kalimantan Selatan. “SISKA Supporting Program sangat berperan penting dalam mendukung program Pemerintah Provinsi Kalimantan Selatan. Program SISKA KUINTIP ini dapat berjalan dengan cepat karena bekerjasama dengan tim SISKA Supporting Program dan semoga bisa berjalan sesuai dengan target dari pimpinan kami,” tambahnya.

 

Pada kesempatan ini, juga disampaikan beberapa materi terkait Kemitraan Usaha Berbasis Kelompok oleh Nurhainah (Disbunnak Kalsel), Perencanaan Produksi Pakan oleh Dr. Akhmad Hamdan (BPTP Kalsel), Perencanaan Produksi Ternak Sapi oleh Ir Jack Pujianto (BPTU HPT Pelaihari), Perencanaan Penggembalaan di Pastura Kebun Sawit oleh Ir M Zainudin (SISKA Supporting Program), serta Perencanaan Produksi dan Budidaya Sapi di Kebun Sawit oleh Prof Tintin Rostini (SISKA Supporting Program).

Agenda lanjutan pada 15 Januari 2022, telah dilaksanakan kunjungan lapangan ke PT Astra Agro Lestrari di Desa Hayup, Kabupaten Tabalong. Kunjungan ini bertujuan untuk meninjau kesiapan lokasi implementasi SISKA KUINTIP di PT Astra Agro Lestari. Diskusi secara langsung menyimpulkan bahwa pada lokasi ini sangat potensial untuk diimplementasikan SISKA KUINTIP. Diperlukan penguatan kelembagaan kelompok peternak yang berada disekitar kawasan PT Astra Agro Lestari agar implementasi SISKA juga dapat memberikan kesempatan bagi masyarakat sekitar untuk memperoleh manfaat baik dari segi sosial maupun ekonomi.

 

Output dari kegiatan workshop tersebut adalah rencana usaha dan kelembagaan klaster SISKA KUINTIP dimasing-masing lokasi sesuai dengan spesifik potensi masing-masing. Dokumen rencana usaha tersebut ditindaklanjuti dengan rencana kerja terjadwal sampai dengan 3 bulan ke depan (januari-maret 2022), dengan agenda terdekat untuk menetapkan legalitas klaster dan komitmen (perjanjian kerjasama dan pakta integritas) sesuai dengan ketentuan/peraturan yang berlaku. Selain itu, peluncuran profil investasi 7 (tujuh) perusahaan perkebunan kelapa sawit di Kalsel yang dijadwalkan pada akhir Januari 2022 yang akan mengundang investor, pelaku usaha sawit-sapi serta pengambil keputusan baik ditingkat Provinsi dan Kabupaten. (SSP-13-15/01/2022)

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

NEWS

Sertifikasi Animal Welfare Officer (AWO) SISKA

Bogor, 22 – 25 April 2024 – Antusiasme perusahaan perkebunan kelapa sawit dan petani-pekebun untuk menerapkan model bisnis integrasi sawit-sapi berbasis kemitraan, harus diimbangi dengan

Ingin terhubung dengan kami ?

Silahkan klik tombol dibawah

Chat Kami
1
Siskaforum.org
Gratis, gabung komunitas Siska Forum
Dapatkan info dan artikel menarik mengenai Sistem Integrasi Sapi dan Kelap Sawit