SISKA Supporting Program

"Supporting SISKA adoption and expansion among commercial palm producers and nucleus plasma-farmers"
PT_SISKA-removebg-preview
New_Logo SISKA

Survei Investigasi Desain (SID) PT GMK dan Koperasi Permata Mulya

Share This Post

Tanah Laut, 28 Juni 2022 – Menindaklanjuti inisiatif PT Gawi Makmur Kalimantan (PT GMK) dan Koperasi Permata Mulya untuk menerapkan Sistem Integrasi Sawit-Sapi (SISKA), SISKA Supporting Program bersama Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Kalimantan Selatan melakukan Survei Investigasi Desain (SID) untuk mendapatkan data awal dalam penyusunan rekomendasi strategi implementasi serta melihat kondisi existing implementasi SISKA di PT Gawi Makmur Kalimantan (GMK) dan lokasi potensial di Koperasi Permata Mulya.

Kegiatan Survei Investigasi Desain ini akan menghasilkan dokumen Laporan Hasil Survei Investigasi Desain (SID) berupa rekomendasi perencanaan usaha dan kelembagaan yang spesifik dari lokasi klaster-klaster SISKA KU INTIP.

“Saya berharap adanya kunjungan SISKA Supporting Program dapat membuka pemikiran manajemen kita untuk memberikan izin untuk masyarakat sekitar atau anggota koperasi karyawan yang berminat untuk ikut program SISKA KU INTIP ini. Kami sangat tertarik, agar hubungan dengan masyarakat sekitar bisa lebih baik, ” ujar Simamora, manager PT GMK.

Hasil peninjauan lapangan, struktur tanah dataran pegunungan dan kondisi hijauan atau rumput dibawah pohon kelapa sawit cukup untuk kebutuhan pakan ternak. Lebih baik jika ditambahkan hijauan serta rumput unggul lainnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan Survei Investigasi Desain (SID) di Koperasi Permata Mulya di Desa Kuringkit, Panyipatan, Tanah Laut.

Asri Yaldi, management Koperasi Permata Mulya mengatakan sangat berminat untuk implementasi Sistem Integrasi Sawit-Sapi (SISKA) di lokasi lahan sawit milik Koperasi Permata Mulya. “Dilokasi sekitar perkebunan kami, memang sudah banyak yang memelihara sapi. Oleh karena itu, kami meminta pendampingan dari SISKA Supporting Program, terkait rencana pemeliharaan ternak sapi di lahan sawit, training atau pelatihan untuk persiapan SDM yang akan kami berdayakan, ” pungkasnya.

Lokasi perkebunan sawit Koperasi Permata Mulya sangat potensial untuk diimplementasikan SISKA, areal pinggiran danau dapat dimanfaatkan untuk penanaman hijauan unggul untuk pakan ternak sapi. (SSP-28/06/2022)

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

NEWS

Sertifikasi Animal Welfare Officer (AWO) SISKA

Bogor, 22 – 25 April 2024 – Antusiasme perusahaan perkebunan kelapa sawit dan petani-pekebun untuk menerapkan model bisnis integrasi sawit-sapi berbasis kemitraan, harus diimbangi dengan

Ingin terhubung dengan kami ?

Silahkan klik tombol dibawah

Chat Kami
1
Siskaforum.org
Gratis, gabung komunitas Siska Forum
Dapatkan info dan artikel menarik mengenai Sistem Integrasi Sapi dan Kelap Sawit