SISKA Supporting Program

"Supporting SISKA adoption and expansion among commercial palm producers and nucleus plasma-farmers"
PT_SISKA-removebg-preview
New_Logo SISKA

Topik Riset dan Diseminasi untuk Pengembangan Sistem Integrasi Sapi-Kelapa Sawit (SISKA) untuk Perkebunan Sawit Berkelanjutan di Indonesia

BAGIKAN

Artikel lengkap dapat diakses disini.

 

Rekomendasi teknis untuk topik riset dan diseminasi dalam pengembangan sistem integrasi sapi-kelapa sawit yang mendukung perkebunan sawit berkelanjutan di Indonesia :

  1. Optimalisasi Pengolahan Limbah. Meningkatkan pengetahuan tentang teknik pengolahan limbah kelapa sawit menjadi pakan sapi yang aman dan bergizi merupakan prioritas. Riset harus difokuskan pada metode dan teknologi yang memaksimalkan nilai nutrisi dan menghilangkan potensi kontaminan atau bahan berbahaya.
  2. Peningkatan Kualitas Pakan. Penelitian harus difokuskan pada bagaimana meningkatkan kualitas pakan yang dihasilkan dari limbah kelapa sawit, misalnya dengan suplementasi atau fermentasi, sehingga dapat mendukung pertumbuhan dan produksi sapi yang optimal.
  3. Pengelolaan Emisi Gas Rumah Kaca. Mengingat perkebunan kelapa sawit dan peternakan sapi adalah dua sumber utama emisi gas rumah kaca, riset perlu dilakukan untuk mengembangkan strategi dan teknologi yang dapat mengurangi emisi dari sistem integrasi ini.
  4. Pengembangan Model Bisnis. Riset perlu dilakukan untuk mengembangkan model bisnis yang berkelanjutan dan menguntungkan untuk sistem integrasi sapi-kelapa sawit, termasuk analisis biaya, pemasaran, dan manajemen risiko.
  5. Analisis Kebijakan. Riset perlu dilakukan untuk menganalisis kebijakan pemerintah yang berpotensi mempengaruhi implementasi dan efektivitas sistem integrasi sapi-kelapa sawit, serta merumuskan rekomendasi untuk kebijakan yang mendukung.

 

Implementasi topik riset untuk pengembangan sistem integrasi sapi-kelapa sawit memerlukan partisipasi aktif dari berbagai pemangku kepentingan. Demikian juga untuk proses untuk diseminasi, teknik seperti pelatihan, workshop, demonstrasi lapangan, dan publikasi teknis dapat digunakan untuk membagikan hasil penelitian kepada peternak, petani kelapa sawit, penasihat agrikultur, dan pihak lain yang berkepentingan. Penggunaan media digital dan sosial juga harus dimaksimalkan untuk jangkauan yang lebih luas. Dengan kolaborasi antar semua pemangku kepentingan ini, riset dan diseminasi dalam pengembangan sistem integrasi sapi-kelapa sawit dapat dilakukan secara efektif dan berdampak signifikan terhadap perkebunan sawit berkelanjutan di Indonesia. Berikut adalah beberapa pihak yang berkepentingan dan harus berperan dalam implementasi topik riset dan diseminasi, di antaranya:

1. Para peneliti dari lembaga penelitian dan akademisi dari perguruan tinggi memainkan peran penting dalam mengembangkan dan melaksanakan proyek-proyek riset. Mereka juga berperan penting dalam menafsirkan dan mempublikasikan hasil penelitian.

2. Petani kelapa sawit dan peternak sapi adalah pengguna akhir dari teknologi dan praktek yang dikembangkan melalui riset. Partisipasi mereka sangat penting untuk memastikan relevansi dan praktikalitas hasil penelitian. Mereka juga berperan penting dalam uji coba lapangan dan diseminasi praktik-praktik baru.

3. Industri, baik perusahaan kelapa sawit maupun industri peternakan, juga berperan dalam mendukung dan menerapkan hasil penelitian. Mereka bisa menjadi partner dalam proyek-proyek riset, atau bisa menjadi saluran diseminasi teknologi dan praktek baru.

4. Pemerintah, baik di tingkat pusat maupun daerah, berperan penting dalam mengatur dan mendukung penelitian dan diseminasi. Mereka juga berperan penting dalam pengembangan kebijakan dan regulasi yang mendukung implementasi hasil penelitian.

5. Organisasi non-pemerintah dan komunitas lokal juga dapat berperan dalam mendukung penelitian dan diseminasi, misalnya melalui pendidikan masyarakat, advokasi kebijakan, atau pendanaan proyek.

6. Lembaga pendanaan, seperti lembaga donor, badan penelitian nasional, atau badan penelitian internasional, berperan penting dalam mendukung penelitian melalui pendanaan proyek-proyek riset.

 

Penulis : Dr Wahyu Darsono

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Chat Kami
1
Siskaforum.org
Gratis, gabung komunitas Siska Forum
Dapatkan info dan artikel menarik mengenai Sistem Integrasi Sapi dan Kelap Sawit