SISKA Collaborative Research
and Dissemination

"Collaborative Research and Dissemination to support SISKA (oil palm-livestock integration & intercropping system) adoption and expansion to achieve sustainable oil palm plantation"

DISKUSI KELANJUTAN 4KISS BERSAMA TEAM PTPP-BPPT BRIN

Share This Post

Jakarta, 15 Oktober 2021 – Dalam rangka membangun integrasi sawit sapi yang berkesinambungan, telah dilaksanakan diskusi mengenai kelanjutan dibentuknya 4KISS, yaitu Forum Komunikasi Integrasi Sawit Sapi yang telah digagas beberapa tahun yang lalu oleh konsorsium PTPP BPPT dan Puslitbangnak serta Program Indobeef. Forum tersebut saat ini sudah saatnya bertransformasi menjadi Forum SISKA (Forum Sistem Integrasi Sapi Kelapa sawit) sebagai entitas baru berbadan hukum perkumpulan atau asosiasi profesi yang focus pada pengembangan SDM, knowledge, advokasi dan membangun jaringan yang kuat untuk saling mendukung adopsi dan Implementasi integrasi sawit sapi. Forum ini diharapkan dapat menjadi wadah sinerginya pentahelik sehingga memudahkan pelaku usaha dalam mengakses informasi pasar, teknologi, hingga jejaring bisnis.

Prof. Tjeppy D. Soedjana, strategic lead SISKA Supporting Program menanggapi bahwa forum ini bisa menjadi organisasi profesional yang dapat mendiseminasikan atau menyebarluaskan knowledge. “Bisa saja organisasi kita ini unik, karena memberikan dan menyebarluaskan knowledge yang kita punya untuk siapapun yang memerlukan, sehingga adopsi Implementasi integrasi sawit sapi semakin meluas” tambahnya.

Team PTPP-BPPT BRIN yang diwakili oleh Dr Dudi Iskanadar, yang juga menjabat Kepala PTPP-BPPT BRIN, menyambut baik dan mendukung rencana SISKA Supporting Program untuk menindaklanjuti 4KISS bertransformasi sebagai Forum SISKA yang tidak hanya sekedar Forum Diskusi tetapi harus menjadi Organisasi yang independen dan profesional. 

Team Leader SISKA Supporting Program menegaskan bahwa pembentukan dan transformasi 4KISS menjadi Forum SISKA dalam bentuk asosiasi profesi atau perhimpunan yang fokus pada aspek advokasi, edukasi, dan promosi tentang integrasi sapi sawit, menjadi bagian dari komponen Kegiatan SISKA Supporting Program.  “Keanggotaan forum ini diharapkan mampu mengakomodir sinergitas profesionalisme pelaku usaha perkebunan, peternakan, peneliti/akademisi dan pemerintah mungkin lebih taktis jika keanggotaan bersifat kelembagaan dan perorangan.” lanjutnya.

Subscribe To Our Newsletter

Get updates and learn from the best

More To Explore

NEWS

GAPENSISKA Ramaikan Indolivestock 2024 Expo and Forum

Jakarta, 17 – 19 Juli 2024 – Demi memastikan keberlanjutan penyebarluasan informasi SISKA kepada publik, GAPENSISKA ikut ramaikan agenda Indolivestock 2024 berkolaborasi dengan SISKA Collaborative

NEWS

Sertifikasi Animal Welfare Officer (AWO) SISKA

Bogor, 22 – 25 April 2024 – Antusiasme perusahaan perkebunan kelapa sawit dan petani-pekebun untuk menerapkan model bisnis integrasi sawit-sapi berbasis kemitraan, harus diimbangi dengan

Ingin terhubung dengan kami ?

Silahkan klik tombol dibawah

Chat Kami
1
Siskaforum.org
Gratis, gabung komunitas Siska Forum
Dapatkan info dan artikel menarik mengenai Sistem Integrasi Sapi dan Kelap Sawit